Soal Goa Lowo, Aktivis HAM Indonesia Apresiasi Langkah Hukum Polres Kotabaru

Soal Goa Lowo, Aktivis HAM Indonesia Apresiasi Langkah Hukum Polres Kotabaru

KOTABARU – Upaya pemulihan jalan di wisata Goa lowo Desa Tegalrejo, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru untuk kepentingan masyarakat luas yang dilakukan Polres Kotabaru, mendapat dukungan dari berbagai kalangan di Kabupaten Kotabaru.

Salah satu pegiat HAM Indonesia Agus Saputra Wiranto SH juga ikut angkat bicara mengenai hal tersebut.

Saat dikonfirmasi, Kamis (12/5/2022) Agus menyebut apa yang telah dilaksanakan AKP Abdul Jalil bersama anggotanya tersebut berguna untuk memajukan, meningkatkan, memenuhi, serta melindungi Hak Azasi Manusia (HAM) mengenai jalan untuk kepentingan masyarakat luas.

"Di mana saat itu, langkah yang dilakukan oleh AKP Abdul Jalil telah sejalan dengan fungsi dan tugas pokok Kepolisian dalam Undang-undang Kepolisian dan Azas yang membentuk UU Nomor 2 tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi kepentingan umum," tutur eks Ketua DPC Galang Kemajuan Jokowi Kotabaru ini.

Pria yang pernah berhasil ikut serta dalam pembebasan lahan Makam Dayak di Dusun Sangkoh Kecamatan Sei Durian, Kotabaru ini juga menjelaskan, ada pepatah hukum kuno yang mengatakan bahwa “Lee Salud Du People Est la Supreme loi” yang kurang lebih artinya adalah” Perlindungan Hak Azasi Rakyat adalah Hukum Tertinggi.

"Dengan pepatah hukum moral tersebut layak dan patut dilekatkan kepada langkah Hukum, yang telah dilakukan oleh AKP. Abdul Jalil beserta Anggotanya," jelasnya.

Sebagai Kasat Resktim Polres Kotabaru, AKP Abdul Jalil beserta anggotanya dinilai wajar melakukan sebagai tugas pokok dan fungsinya.

Anggota Tim Advokasi Dewan Pimpinan Pusat Serikat Buruh Nasionalis Indonesia (SBNI) ini mengatakan, sangat keliru besar apabila ada oknum-oknum yang menafsirkan lain langkah hukum AKP Abdul Jalil selaku Kasat Reskrim Polres Kotabaru tersebut. 

"Saya sebagai Tim Advokasi DPP SBNI Republik Indonesia salut dan mengapresiasi langkah AKP Abdul Jalil yang tetap menjunjung tinggi nilai-nilai HAM sebagai dasar untuk menciptakan mufakat dalam merestorasi jalan untuk masyarakat Desa Tegalrejo, tepatnya wilayah wisata Goa Lowo sebagai objek wisata andalan Pemerintah Kabupaten Kotabaru," pungkasnya.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama