Ampera: Bumdes Diharapkan jadi Sumber Pendapatan Asli Desa

Ampera: Bumdes Diharapkan jadi Sumber Pendapatan Asli Desa

BUPATI Bartim foto bersama dengan Bupati Sukamara serta para pejabat dari Kabupaten Sukamara dan Bartim.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diharapkan menjadi sumber Pendapatan Asli Desa. 

Untuk menjadi sumber pendapatan yang mampu menopang pendapan asli desa tersebut, BUMDes yang didirikan oleh Pemerintah Desa harus memiliki berbagai jenis usaha dan mampu meningkatkan perekonomian di desa itu sendiri.

Guna mewujudkan hal tersebut,  Bupati Barito Timur (Bartim) Ampera AY Mebas bersama dengan Tim Ekonomi Kerakyatan dan sejumlah Kepala Desa serta pengurus BUMDes melakukan kungjungan kerja ke Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Sukamara.

"Dari kunjungan kerja ini kita berharap BUMDes bisa bersaing dan bergerak maju, serta mampu menjadi sumber Pendapatan Asli Desa," terang Bupati Ampera, Jumat (20/5/2022).

Diuraikannya, BUMDes perlu dilibatkan dalam transformasi ekonomi di desa sebagai salah satu sarana pendorong ekonomi pedesaan. BUMDes juga perlu bertransformasi merambah pasar-pasar global dan ekspor.

"Presiden Joko Widodo telah menyampaikan itu saat rapat koordinasi BUMDes beberapa waktu lalu," beber mantan Anggota DPRD Kabupaten Tabalong, Kalsel ini.

Orang nomor satu di Gumi Jari Janang Kalalawah itu menegaskan, pihaknya terus berupaya mendorong masyarakat untuk membangun dan menjadikan desa sebagai basis kegiatan ekonomi yang produktif dan memacu pertumbuhan usaha-usaha baru yang dibutuhkan di masyarakat.

Usaha itu, ungkapnya, bisa bergerak di sektor pertanian, perindustrian, konstruksi, pertambangan, produk UMKM maupun lainnya. Bahkan saat ini salah satu desa di Bartim telah membuat kemajuan dengan membuat BUMDes Mart.

"Saya juga berharap agar apa yang didapati di Kabupaten Sukamara ini bisa menjadi bahan informasi dan pengetahuan untuk mengembangkan BUMDes di Kabupaten Barito Timur," imbuhnya.

Pemerintah Kabupaten Bartim, tambahnya, akan mendorong BUMDes yang ada di Kabupaten setempat untuk bisa bekerjasama dengan pihak-pihak perusahaan yang yang ada di wilayah itu.

"Di Kabupaten Barito Timur juga akan segera terbentuk BUMDes Bersama," tandasnya.[siti]


Lebih baru Lebih lama