Bupati Bartim dan Tim Kaji Banding ke Beberapa Daerah di Kalteng, Ini Tujuannya

Bupati Bartim dan Tim Kaji Banding ke Beberapa Daerah di Kalteng, Ini Tujuannya

BUPATI Bartim menyampaikan paparan saat kunjungan kerja di Kabupaten Sukamara.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Bupati Barito Timur (Bartim) Ampera AY Mebas bersama bersama Tim Ekonomi Kerakyaatan, Camat, Kepala Desa dan pengurus BUMDes melakulan kinjungan kerja ke Kabupaten Kotawaringin Timur, Lamandau dan Kabupaten Sukamara.

Kunjungan kerja plus kaji banding ke sejumlah Kabupaten di Kalimantan Tengah tersebut diharapkan dapat membuka lebar-lebar wawasan dan pengetahuan para Kepala Desa dan pengurus BUMDes di Bartim.

"Tujuan studi banding atau kaji banding ini untuk memberikan pencerahan kepada Kepala Desa dan pengurus BUMDes di Kabupaten Barito Timur, agar bertambah wawasannya," terang Bupati Ampera, Jumat (20/5/2022).

Dengan melihat langsung atau belajar langsung, pria yang menjabat Bupati Bartim dua periode itu berharap wawasan para Kepala Desa dan pengurus BUMDes bisa membuka usaha, meniru dan mengembangkan usaha BUMDes dengan baik.

"Setelah studi banding ini diharapkan bisa memberi motivasi Kepala Desa dan Pengurus BUMDes untuk menggali potensi dan menggembangkan usaha sesuai potensi yang ada di desa masing-masing," harapnya.

Bupati Bartim menjelaskan, rencananya akan ada empat Kecamatan di Bartim yang akan mendirikan Bumdesmart, dan akan disusul oleh empat Kecamatan mendirikan usaha Bumdes bersama. 

"Kalau di desanya penghasil karet, BUMDesnya bisa jual beli karet, kalau di desanya penghasil gabah silahkan jual beli gabah dan seterusnya. Silahkan bangun BUMDes sesuai potensi desa," tegasnya.[siti]


Lebih baru Lebih lama