Perkuat Silahturahmi, PWI Kalteng Gelar Buka Puasa Bersama

Perkuat Silahturahmi, PWI Kalteng Gelar Buka Puasa Bersama

ASISTEN Bidang Pemerintahan dan Kesra, Katma F Dirun menghadiri acara buka puasa bersama PWI Kalteng.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Sebagaimana diketahui, Persatuan Wartawan Iindonesia (PWI) merupakan organisasi profesi kewartawan yang tertua di Indonesia. 

Keberadaannya dari dulu sudah sangat berpihak kepada masyarakat, dimulai jaman perjuangan kemerdekaan hingga sekarang. 

Tidak heran, PWI menjadi mitra strategi Pemerintah dalam mengisi kemerdekaan, dan pelaksanaan pembangunan.

Hal itu disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Katma F Dirun saat menghadiri acara buka puasa bersama PWI Kalteng. 

Buka puasa bersama diawali dengan pembacaan Ayat Suci Alquran dan dirangkai dengan salat Magrib berjamaah serta dilanjutkan dengan ramah tamah tersebut dilangsungkan di Hotel Neo Palma Palangka Raya, Sabtu (9/4/2022).

Pada kesempatan itu, Katma menyampaikan amanat tertulis Gubernur Sugianto Sabran mengutarakan, jalinan silahturahmi yang dibungkus dengan kegiatan ibadah buka puasa bersama, menjadi sebuah sarana srtategis dalam peningkatan kemitraan.

Pun sebagai mitra strategis, Pemprov Kalteng menyambut baik kegiatan buka puasa bersama yang digagas PWI Kalteng itu.

"Kegiatan ini diharapkan bisa mempererat tali silahturahmi antara jajaran pengurus, anggota, pimpinan media, beserta mitra kerjanya, secara khusus Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah," tuturnya.

Lanjut disampaikan, di zaman digitalisasi, Pemerintah membutuhkan wartawan kompeten yang bisa membantu melawan serangan hoaks yang semakin masif. 

Tidak bisa dipungkiri, tambahnya, hoaks mampu menggiring opini publik yang bisa membuat konflik sosial, maka peran wartawan lah menjadi sangat penting menangkal hoaks melalui PWI sebagai organisasi yang menyiapkan wartawan yang profesional. 

"Tanpa adanya pers, tentu Pemerintah tidak bisa menyampaikan berbagai informasi mengenai pembangunan secara optimal kepada masyarakat, baik kegiatan maupun program yang dimiliki, serta ragam capaian yang berhasil diraih. Selama ini Pemerintah Provinsi  Kalimantan Tengah telah menjalin kemitraan yang baik bersama banyak perusahaan media di Bumi Tambun Bungai ini," tukasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kalteng, HM Haris Sadikin mengatakan buka puasa bersama tersebut merupakan kegiatan rutin PWI Kalteng.

"Ini menjadi sebuah tradisi kegiatan silahturahmi dengan mitra PWI," ungkapnya.

Selain itu, dirinya menguraikan bahwa PWI mempunyai program-program menyiapkan kader-kader wartawan untuk siap berkompetensi menghadapi perkembangan zaman.

"Program-program yang kami laksanakan banyak menyangkut peningkatan kompetensi wartawan," imbuhnya.

Dalam melaksanakan program-program tersebut, timpalnya, PWI tidak bisa berjalan sendiri, tentunya dukungan dari Pemprov Kalteng sangat besar ke PWI, khususnya Kadis Kominfo Provinsi maupun Kadis Kominfo Kota Palangka Raya, sangat luar biasa.

"Dengan adanya dukungan dari Pemerintah ini kami mendapatkan tempat untuk melaksanakan program-program kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kimpetensi wartawan di Provinsi Kalimantan Tengah," tutupnya.[kenedy]

Lebih baru Lebih lama