Maknai Ramadhan, Masjid Husnul Khotimah Gelar Pesantren Kilat

Maknai Ramadhan, Masjid Husnul Khotimah Gelar Pesantren Kilat

PESANTREN Kilat Ramadhan di Kotabaru resmi dibuka Asisten II Setda Kotabaru.| foto : zainuddin

KOTABARU - Kegiatan religi mengisi bulan Ramadhan bertajuk Pesantren Kilat kini ramai digelar sejumlah takmir masjid. Satu di antaranya ada di Masjid Agung Husnul Khotimah, Kotabaru.

Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan ke-36 ini sendiri resmi dibuka Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kotabaru, H Akhmad Rivai, Minggu (3/4/2022). 

Bupati Kotabaru dalam sambutannya tertulis yang dibacakan Asisten II Setda Kotabaru menyampaikan, Pesantren Kilat Ramadhan ini sangat mengapresiasi, di mana dilaksanakan pemuda dan remaja Masjid Agung Husnul Khotimah.

Ini juga digelar dalam rangka meningkatkan Iman dan Taqwa khususnya dikalangan siswa dibulan suci ramdhan yang penuh berkah ini.

"Melalui kegiatan ini para pelajar dapat mengisi bulan suci Ramdhan 1443 H, dengan kegiatan positif dan bernilai ibadah," katanya.

Menurutnya, Pesantren kilat Ramadhan ini menjadi salah satu kegiatan yang dapat membentuk kepribadian plus menambah penanaman nilai-nilai religi dan memberikan kesadaran akan pentingnya pendidikan agama yang merupakan kebutuhan setiap muslim.

"Pesantren Ramadhan ini, selain untuk meningkatkan nilai-nilai religi, juga dapat memberikan kesadaran kita bahwa pendidikan agama merupakan kebutuhan setiap muslimnya," ucapnya.

Ia berharap dengan adanya Pesantren Ramadhan ini dapat menjadikan para pelajar untuk mendalami makna arti bulan suci Ramadhan serta meminta agar selalu memanfaatkan dan mendengarkan ilmu yang diberikan nantinya.

"Kemudian kami juga mengimbau, agar selalu menjaga protokol kesehatan Covid-19, dalam pelaksanaan kegiatan Pesantren Ramadhan ke-36 yang dilaksanakan selama satu minggu ini mengangkat tema," tuturnya.

"Puasa totalitas dan Ramadhan yang berkualitas untuk meningkatkan keimanan di bulan suci penuh berkah," imbuhnya.

Dalam Pesantren ini juga ada kegiatan tadarus Alquran, dan diisi beberapa materi tambahan antara lain sholat dhuha berjemaah, histori islam (tarikh), seputar fiqih sehari-hari, aqidah akhlak, dan shalawat bersama. 

Pesantren Ramadhan ini diikuti 962 peserta, terdiri dari tingkas SD/MI sebanyak 396 peserta, SMP/ MTS 291 pelajar, dan SMA/MAN sebanyak 214.

Turut hadir dalam pembukaan Pesantren Ramadhan, Kepala Satuan Perangkat Daerah (SKPD), tokoh agama dan pengurus Masjid Agung Khusnul Khotimah.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama