Hari Pertama Ramadan 1443 H, Pasar Wadai di Palangka Raya Diserbu Pembeli

SALAH satu pasar ramadan di Kota Palangka Raya.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Di hari pertama dibukanya Pasar Ramadan 1443 Hijriah, Pasar Ramadan diserbu para pembeli takjil atau menu berbuka puasa di Kota Palangka Raya, Minggu (3/4/2022).

Sedikitnya ada tujuh titik lokasi digelarnya pasar yang akrab disebut pasar wadai tersebut di ibukota Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tersebut.

Titik pasar wadai tersebut, diantaranya di jalan Bali, Ais Nasution, Pasar Kahayan, Komplek Masjid Salahuddin, samping Masjid Al Husna, Pasar Rajawali, dan Komplek Perumahan Bondol.

Beragam jenis makanan dijual di pasar takjil itu, mulai makanan ringan hingga berbagai masakan. Namun, beragam jenis minuman seperti kolak dan es buah mendominasi ragam dagangan.

Pengunjung pasar mulai terlihat berdatangan sekitar pukul 14.30 WIB hingga mencapai puncaknya  beberapa menit sebelum Azan Maghrib.

Meskipun begitu, rata-rata pengunjung sangat menyadari akan pentingnya protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

"Menurut saya ini yang diinginkan masyarakat. Kalau bulan puasa kita perlu tempat untuk mencari dan membeli takjil sambil menunggu waktu buka puasa bagi yang berpuasa," ujar Syifa salah satu warga Kota Palangka Raya.

Menurutnya, dibuka kembali pasar ramadan tersebut membuat dirinya merasakan kembali suasana bulan ramadan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Rawang mengungkapkan, ada ratusan pedagang dan pelaku UMKM yang berpartisipasi di pasar ramadan yang tersebar di Kota Cantik tersebut.[kenedy]


loading...