Beri Kenyamanan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022, Gubernur Kalteng Arahkan Ini ke PUPR

Beri Kenyamanan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022, Gubernur Kalteng Arahkan Ini ke PUPR

KADIS PUPR Kalteng foto bersama di posko induk lebaran.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Menghadapi arus mudik lebaran Idul Fitri dan arus balik tahun 2022. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H Sugianto Sabran mengarahkan sejumlah SOPD untuk meningkatkan pelayanan, baik pemantauan, pelaksanaan, penanganan, pengerjaan di area publik.

"Kita terus berupaya dalam meningkatkan pelayanan untuk masyarakat. Mencermati situasi masih pandemi, Pemerintah Provinsi melakukan kesiapsiagaan dalam melayani masyarakat, terutama menghadapi arus mudik dan balik lebaran tahun ini. Mari kita bersama-sama berdoa agar pandemi cepat berahir, warga juga bisa melakukan aktivitas dengan nyaman," ucap orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut, Senin (25/4/2022). 

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng, H Shalahuddin menyebut bahwa sudah mendirikan sebanyak 23 posko arus mudik-balik lebaran Idul Fitri di seluruh wilayah Kalteng, dengan membagi beberapa zona wilayah.

"Intruksi Bapak Gubernur dalam menghadapi mudik dan arus balik lebaran ini, Pemerintah Provinsi meningkatkan pelayanan untuk masyarakat. Untuk Dinas PUPR, kita sudah menyiapkan posko pengamanan jalan agar tidak terganggu dan terhambat apabila melintasi jalan yang rusak," tuturnya.

Diakuinya, sebanyak 23 posko se Kalteng sudah siaga, posko tersebut terdiri dari wilayah barat 10 posko, wilayah tengah 6 posko dan di wilayah timur 7 posko.

"Posko-posko tersebut tujuanya untuk melakukan perbaikan di wilayah jalan yang rusak secara berkala, kemudian siap siaga hingga antisipasi apabila ada potensi banjir, longsor dan darurat. Semua posko juga menyiagakan alat berat, dan kami juga melakukan koordinasi dengan pihak balai dalam upaya pemantauan, kesiapsigaan hingga penanganan di lapangan," ungkapnya.

Shalahuddin menguraikan, seluruh jalan, terutama jalan Provinsi menjadi perhatian mulai dari kondisi hingga kerawanannya. Meski demikian, ada sejumlah wilayah yang menjadi potensi kerawanan karena aktivitas tinggi, yakni sebanyak 10 ruas jalan Provinsi, seperti jalan Bukit Liti - Bawan - Kuala Kurun. 

Kemudian, bebernya, jalur jalan Pulang Pisau - Pangkoh - Bahaur, Kapuas - Palingkau - Dadahup -Lamunti. Untuk wilayah timur, diantaranya Patung - Hayaping - Bentot dan lainnya. 

Sementara di wilayah Sampit, Ujung Pandaran, Pelantaran, Parenggean-Sangai, wilayah Pangkalanbun -Kotawaringin Lama, untuk Kota Palangka Raya yakni di seputaran lingkar luar. 

"Secara berkala sudah ada yang berjalan dikerjakan dan tahap perbaikan untuk pemantapan jalan serta fungsional. Sehingga H-7 lebaran Idul Fitri dan H+7 nantinya mobilisasii berjalan nyaman, aman dan lancar, baik angkutan orang dan barang, termasuk keperluan sembako," imbuhnya.

Ditambahkan Shalahuddin, pihaknya juga akan melakukan peninjauan langsung ke sejumlah wilayah bersama Gubernur Kalteng untuk melihat kondisi jalan lebih jauh serta aktivitas masyarakat.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama