Pudjirustaty Narang Hadiri Serah Terima Penandatanganan Berita Acara BAST dan Naskah Hibah Bantuan PJUTS

Pudjirustaty Narang Hadiri Serah Terima Penandatanganan Berita Acara BAST dan Naskah Hibah Bantuan PJUTS

PROSES penandatangan Hibah Kementerian SDM oleh Bupati Pulang Pisau.| foto : diskominfopulpis

PULANG PISAU - Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang menghadiri acara serah terima dan penandatanganan berita acara serah terima atau BAST dan naskah hibah barang miliki negara berupa bantuan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS). 

Acara berlangsung di Hotel Royal Ambarrukmo di Yogyakarta, Rabu (23/3/2022). 

Kegiatan dihadiri Direktur Jendral Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Dr Ir Dadan Kusdiana, dan sejumlah gubernur dan bupati/walikota se-Indonesia, termasuk turut hadir Bupati Pulang Pisau. 

Pada kesempatan tersebut, Taty sapaan akrab Bupati Pulang Pisau mengatakan Penerangan Jalan Umum atau PJU memiliki peranan yang amat penting. 

Dari itu, katanya bantuan hibah tersebut tentu sangat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau sebagai penerangan, khususnya untuk jalan desa terpencil yang belum terjangkau aliran arus listrik. 

"Atas bantuan ini, saya mewakili seluruh elemen masyarakay Bupati Pulang Pisau mengucapkan terimakasih kepada Kementerian ESDM yang telah membantu berupa 200 unit PJUTS pada tahun 2019 yang sudah diserahterimakan pada tahun 2020 di Bali," tuturnya.

Selanjutnya, di tahun 2020 lalu Pemkab Pulang Pisau kembali menerima 100 unit PJUTS, dan juga sudah diserahterimakan pada hari ini di Yogyakarta.

Kemudian, ungkap Taty, di tahun 2021 kemarin Pemkab Pulang Pisau juga mendapatkan sebanyak 50 unit PJU yang nantinya juga akan diserahterimakan.

"Untuk teknisnya pihak Kementerian ESDM yang tau persis," ujar orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat. 

Ke depan, tambah Taty, pihaknya kembali berharap agar Pemkab Pulang Pisau mendapatkan prioritas bantuan tersebut, termasuk juga bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS Terpusat), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS Atap), Lampu Tenaga Surya Hemat Energi  (LTSHE), Bantuan Bahan Bakar Gas (BBG) untuk Nelayan di pesisir.

"Dengan itu, tentu Pemkab Pulang Pisau akan sangat terbantu dan bermanfaat untuk masyarakat daerah kami," imbuhnya. 

Adapun untuk mendukung keberlangsungan aset dari Kementerian ESDM, Pemkab Pulang Pisau menyebut sudah memiliki Tim PJU yang sudah dilengkapi dengan alat sky lift yang dioperasionalkan oleh Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Pulang Pisau, di mana secara rutin melakukan pemeliharaan terhadap aset yang sudah diserahterimakan.

"Selain PJUTS, Tim PJU Kabupaten Pulang Pisau juga ikut memelihara PLTS yang ada di Kabupaten Pulang Pisau, ungkap Pudjirustaty Narang," pungkasnya.[rilis/manan]


Lebih baru Lebih lama