Rapat Forum Perangkat Daerah Pulang Pisau 2022 Dibuka

Rapat Forum Perangkat Daerah Pulang Pisau 2022 Dibuka

SUASANA Rapat Forum Perangkat Daerah Kabupaten Pulang Pisau.| foto : diskominfostandipulpis

PULANG PISAU - Rapat Forum Perangkat Daerah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2022 berlangsung. Kegiatan bertempat di Aula Bappedalitbang Kabupaten setempat, Rabu (23/3/2022). 

Rapat dibuka dan dipimpin langsung asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, HM Syaripul Pasaribu mewakili Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang. 

Turut mendampingi pimpinan rapat Kepala Bappedalitbang, IrJuman dengan peserta seluruh SOPD daerah setempat.

Dalam poin sambutan Bupati Pulang Pisau yang dibacakan Asisten I Pulang Pisau, tujuan rapat ini tidak lain sinkronisasi prioritas kegiatan pembangunan hasil usulan musrenbang kecamatan, menetapkan prioritas kegiatan yang dimuat dalam rencana kerja perangkat daerah, menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat Daerah. 

"Ini tentu dalam rangka melaksanakan amanat UU Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan p
Pembangunan Nasional dan UU Nomor 9 tahun 2015 tentang Perubahan Kedua terhadap UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, pemerintah diwajibkan menyusun RPJMD dan RKPD sebagai rencana tahunan," kata Syaripul mengungkapkan. 

Dijelaskannya, setiap proses penyusunan dokumen rencana pembangunan memerlukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan atau stakeholder yang dimulai pada forum musyawarah perencanaan pembangunan di tingkat desa dan kecamatan sejak Januari sampai dengan februari lalu, hingga berlanjut pada musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kabupaten.

"Forum perangkat daerah yang kita laksanakan pada hari ini adalah sebagai wadah bersama pelaku pembangunan untuk mensinergikan dan mensinkronisasikan hasil musrenbang kecamatan dengan RKPD untuk kegiatan tahun 2023 mendatang," bebernya. 

Sebab, proses tahapan perencanaan ini, kata Syaripul, merupakan perencanaan tahun kelima atau tahun terakhir di dalam dokumen RPJMD periode 2018-2023 dengan tema arah kebijakan pembangunan "Pemantapan Hasil p
Pembangunan Secara Merata, Maju, Berkeadilan dan Sejahtera".

Diakhiri poin sambutan Bupati. Asisten I mengingatkan bahwa kegiatan forum perangkat daerah ini keberlanjutan dari pelaksanaan musrenbang tingkat kecamatan, yang mana perangkat daerah bersama pihak kecamatan akan menyepakati usulan-usulan yang diakomodir dan usulan-usulan yang belum bisa diakomodir. 

Maka dengan ini diinstruksikan, agar seluruh perangkat daerah dalam penyusunan dokumen rencana kerja (renja) tahun 2023 sesuai dengan hasil kesepakatan apda rapat forum perangkat daerah dan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Pulang Pisau

"Sehingga kegiatan pembangunan daerah kita ini nantinya  benar-benar mencerminkan skala prioritas yang bertumpu pada kepentingan masyarakat, dan tidak ada lagi pembangunan-pembangunan yang tidak bisa termanfaatkan secara optimal oleh masyarakat," pungkasnya.[manan]

Sementara ada beberapa poin penting lainnya dalam sambutan Bupati Pisau Pisau yang perlu diketahui seluruh peserta rapat, sebagian berikut ;

1. Dalam setiap pembahasan program dan kegiatan harus memperhitungkan aspek efisiensi dan efektifitas, sehingga setiap ide dan aspirasi dapat diakomodir dengan baik, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi perangkat daerah sebagai upaya mewujudkan pembangunan yang lebih bermakna dan dapat dinikmati oleh masyarakat. 

2. Koordinasi, sinkronisasi dan integrasi perencanaan dari tiap bidang pembangunan harus dioptimalkan, sehingga dapat dihindari tumpang tindih pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kabupaten Pulang Pisau. 

3. Hindari ego sektoral dalam penyusunan perencanaan dengan mengedepankan profesionalitas sehingga dapat dihindari kepentingan sektoral yang tidak proporsional. 

Kepala Daerah sendiri, dalam hal tersebut Bupati Pulang Pisau berharap perencanaan dan penganggaran menerapkan prinsip pendekatan anggaran lebih fokus pada program atau kegiatan yang terkait langsung dengan prioritas nasional dan prioritas daerah serta memberikan dampak langsung bagi masyarakat.
Lebih baru Lebih lama