Melalui Enduro Banua, Kalsel Kembangkan Talenta Rider Lokal

Melalui Enduro Banua, Kalsel Kembangkan Talenta Rider Lokal

GUBERNUR Kalsel, H Sahbirin Noor melepas para rider peserta Enduro Banua Kompetisi 2022.| foto : mc kalsel

MARTAPURA – Enduro Banua Kompetisi 2022, digadang-gadang mampu melahirkan pebalap lokal yang andal dan berprestasi emas di berbagai event nasional bahkan internasional.

Setidaknya harapan ini disampaikannya Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor pada Enduro Banua Kompetisi tahun 2022 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Sabtu (5/3/2022). 

Menurut Sahbirin, ajang balap motor Enduro Banua ini sebagai wadah untuk menjaring para atlet motor dan mengembangkan bakat talenta rider. Tentunya juga diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata olahraga.

“Karena ini sebagai ajang balap motor mengembangkan prestasi para atlet. Apalagi kemaren kita sempat sukses mengadakan Uncle Hard Enduro bertarap internasional,” tutur Sahbirin.

Sementara itu, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalimantan Selatan, Edy Sudarmadi mengatakan, Event Enduro Banua merupakan kompetisi untuk mengasah kemampuan skill para rider dalam meningkatkan prestasi di ajang balap motor nantinya.

Karena itu, ke depan dari hasil kegiatan ini dilakukan penjaringan pebalap motor yang kompeten yang akan mewakili Kalsel dalam mengikuti kejuaraan Enduro Nasional maupun Internasional.

“Nanti kita lakukan penjaringan atlet berkompeten di bidang balap motor agar ke depannya atlet Kalsel dapat meraih prestasi yang lebih tinggi diajang balap motor,” jelasnya.

Ia berpesan agar para pembalap tetap menggunakan alat pelindung diri, bila mana ada benturan sehingga tidak mengalami cedera. 

“Saya berpesan agar para pembalap memakai perlengkapan pengaman seperti helm, sarung tangan, sepatu, body protector, brace neck, kacamata trail dan pakaian offroad,” pintanya.

Kepala Dispora Kalsel, Hermansyah menambahkan, jumlah peserta mengikuti Enduro Banua Kompetisi 2022 ini sebanyak 300 rider dari Kalsel dan Kalteng.

“Jadi animo peserta sangat luar biasa, terlihat yang ikut tidak hanya rider dari Kalsel tetapi dari Kalteng juga ikut,” terang Hermansyah.

Hermansyah mengatakan, Enduro Banua Kompetisi akan menjadi agenda rutin Pemerintah Provinsi Kalsel yang akan dianggarkan secara khusus di Dispora Kalsel.

“Jadi kegiatan ini akan menjadi agenda rutin Pemprov Kalsel, sehingga pebalap Kalsel dapat meningkatkan prestasi diajang juara nasional maupun internasional,” pungkasnya.[advertorial]


Lebih baru Lebih lama