Dinilai Proaktif, Anggota DPRD Kapuas Apresiasi Keberadaan Gapoktan Ini

Dinilai Proaktif, Anggota DPRD Kapuas Apresiasi Keberadaan Gapoktan Ini

KETUA Komisi II DPRD Kapuas, H Ahmad Baihaqi.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kapuas, H Ahmad Baihaqi apresiasi keberadaan Gabungan kelompok tani atau Gapoktan Bersatu di Desa Anjir Mambulau Timur, Kecamatan Kapuas Timur. Gapoktan ini dinilai pro aktif bahkan yang secara rutin menggelar pertemuan.

"Sebab melalui Gapoktan  menjadi sarana yang efektif untuk memberdayakan anggotanya dalam pembangunan pertanian," kata H Baihaqi, Rabu (9/3/2022).

Legislator dari Dapil V Kapuas yang meliputi Kecamatan Kapuas Timur, Bataguh, Kapuas Kuala, dan Tamban Catur ini pun turut menghadiri kegiatan tersebut.

"Jadi kami sebagai wakil masyarakat di sana melihat sangat antusias mereka datang disuatu perhimpunan di Gapoktan itu, kami apresiasi dan beri penghargaan Ketua Gapoktan memberi skill dan wawasan kepada anggota kelompok tani dalam pertemuan itu," kata Baihaqi.

Terlebih diketahui politisi dari PKB ini kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap bulannya di kelompok-kelompok tani berbeda yang tergabung dalam Gapoktan itu.

"Di Desa Anjir Mambulau Timur itu ada beberapa kelompok tani. Jadi di sana cukup bagus. Mungkin semua aspirasi yang berkembang di anggota kelompoknya di sana lah ada dituangkan beberapa hal yang diajukan ke ketua gapoktan langsung," ucapnya.

Dia juga mengharapkan hal ini yang harus dilakukan oleh semua Gapoktan yang ada di Kabupaten Kapuas.

"Ini adalah contoh yang baik, tujuan mereka harapan dan aspirasi yang berkembang bisa saling berkoordinasi bagaimana kelompok tani bisa maju dan sejahtera," imbuhnya.

Sebab manfaat sosial dan ekonomi yang diberikan Gapoktan tidak hanya mempengaruhi anggota kelompoknya tetapi juga masyarakat di desanya.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama