Wabup Andi Resmikan Kantor DMP, Ketua DPRD Kotabaru Apresiasi Syukuran Umat Kaharingan

Wabup Andi Resmikan Kantor DMP, Ketua DPRD Kotabaru Apresiasi Syukuran Umat Kaharingan

KOTABARU, MK - Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif berpesan agar Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan Indonesia (MUKK-I) dapat senantiasa mengayomi seluruh Umat Kaharingan, serta selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan umat.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri perayaan ke-4 Hari Kepercayaan Umat Kaharingan. Di momen ini Ia sekaligus meresmikan Kantor Dewan Musyawarah Pusat (DMP) di Kecamatan Hampang, Senin (13/12/2021).

Menurutnya, Indonesia memiliki kekayaan yang patut disyukuri, keanekaragaman yang terdiri dari suku bangsa dan ras memiliki perbedaan satu dengan lainnya dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Salah satunya, adalah Kepercayaan Umat Kaharingan yang ada di Negara Indonesia, khususnya Kabupaten Kotabaru yang menambah kemajemukan di masyarakat," kata Andi.

Untuk itu, pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan menyambut baik peringatan syukuran tersebut, dan ini merupakan bentuk syukur khususnya bagi Umat Kaharingan yang telah diakui keberadaannya dan mendapat pengakuan oleh Pemerintah.

Di sisi lain, Andi Rudi Latif juga berpesan dengan diresmikannya Kantor DMP MUKK-I yang baru ini, dapat dipergunakan serta dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan umat.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru, Syairi Mukhlis sangat mengapresiasi kegiatan acara syukuran pada hari ini.

Syairi menjelaskan, DPRD saat ini sudah membuat terobosan salah satunya Perda yang sudah ditetapkan, yakni pembinaan terhadap Adat Dayak.

Perda ini dapat dibedah dan dari situlah anggaran dapat mengalir, DPRD akan terus mendukung apa yang diinginkan selama masih dalam koridor yang diatur.

"Insya Allah kita akan selalu mensupport dan menggiring," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Musyawarah Pusat (DMP) - MUKK-I, Sukirman mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah daerah dan pihak perusahaan, khususnya PT Jhonlin yang sudah membantu menyediakan tempat untuk Umat Kaharingan di Kalimantan.

"Dan kami juga mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya atas perayaan yang usianya ke-4 tahun ini, bahwa ada dari pihak ketiga dengan ikhlas memberikan tempat bagi Umat Kaharingan di wilayah Kalimantan," ujarnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama