Antisipasi Banjir, PMK MPSA Bersihkan Gorong-gorong

Antisipasi Banjir, PMK MPSA Bersihkan Gorong-gorong

ANGGOTA PMK MPSA melakukan aksi bersih gorong-gorong di lokasi Jalan Sungai Andai ujung, tepat di Kampung Wisata Sungai Biuku.| foto : toso

BANJARMASIN - Pemadam Kebakaran Musium Perjuangan Sungai Andai (PMK MPSA) membersihkan gorong-gorong yang tersumbat, tepatnya di depan Kampung Wisata Sungai Biuku di wilayah Sungai Andai ujung.

Aksi bersih-bersih yang dilakukan anggota MPSA ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir sekaligus memfungsikan gorong-gorong sebagaimana mestinya.

Ketua PMK MPSA, H Ifitriansyah mengatakan, gerakan membersihkan sampah yang menyumbat air di gorong-gorong tersebut, tentunya dilakukan di kawasan permukiman yang biasa tergenang.

Apalagi kondisi gorong-gorongnya banyak yang tak berfungai sebagai aliran air, baik air hujan turun maupun air pasang naik.

"Selain gorong-gorong yang kami bersihkan menjadi air lancar, warga juga diharapkan menjaga lingkungannya agar tidak membuat sampah semberangan," katanya kepada media, Minggu (12/12/2021).

Sementara itu, salah satu anggota PMK MPSA, Iqbal menegaskan, masalah tertutupnya gorong-gorong oleh sampah dan rumput yang seperti dibiarkan, mengakibatkan terjadinya genangan air. Semestinya ini menjadi perhatian bersama, khususnya masyarakat yang terdekat.

Banjir yang dialami masyarakat Kelurahan Sungai Andai tahun lalu, dengan kondisi air selutut orang dewasa itu, seharusnya menjadi pengalaman pahit bagi masyarakat Sungai Andai.

"Salah satu menjaga, memelihara dan membersihkan gorong-gorong ini, agar air tetap mengalir jangan tersumbat sepert ini," tegasnya.

Lurah Sungai Andai, Ahmad Dedi Fernandi mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi seluruh anggota BPK/Damkar Sungai Andai. Sejak dirinya menjadi lurah di sini, sudah mendapat dukungan baik masyarakat maupun perangkat kelurahan yang lainnya.

Sehingga dalam menjalankan program terwujud, sebagaimana yang diharapkan, dengan tingginya kepedulian baik anggota BPK/ Damkar maupun masyarakat membuat dapat sinergi.

"Mari kita tingkatkan budaya gotong royong dan kepeduliannya, agar lingkungan semua pemukiman dan komplek bersih dan tidak ada air tergenang," ungkapnya.

Untuk kondisi gorong-gorong yang rusak, ujar Lurah, pihaknya akan memasukan dalam usulan Musrenbang tahun ini dan pihaknya berharap usulan perbaikan gorong-gorong secepatnya terealisasi.

Rencana Musrenbang tingkat RT dilakukan Rabu (15/12/2021) depan dan masing-masing RT mengusulkan program pembangunannya, baik fisik maupun non fisik.

"Usulan Musrenbang nanti akan ada usula berskala perioritas terutama pembangunan fisik," ujarnya.[toso]


Lebih baru Lebih lama