Ukur Keberhasilan Diklat, BPPSDMP Kementan Laksanakan Evaluasi Pasca Diklat

Ukur Keberhasilan Diklat, BPPSDMP Kementan Laksanakan Evaluasi Pasca Diklat

PROGRAM Evaluasi Pasca Diklat (Post Training Evaluation) merupakan sarana untuk mengukur dan menilai capaian hasil diklat yang telah direncanakan secara obyektif, sehingga dapat ditentukan tingkat keberhasilan suatu diklat.

Hasil ini selanjutnya akan menjadi umpan balik untuk merencanakan kembali penyelenggaraan Diklat di masa mendatang dan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kinerja alumni peserta diklat.

Evaluasi pasca diklat dibutuhkan untuk mengambil keputusan tentang efektivitas hasil Diklat di lingkungan kerja. 

Dalam melakukan evaluasi pasca Diklat, diperlukan sebuah perencanaan, tujuan, sasaran dan instrumen yang akan digunakan agar menghasilkan sebuah analisa dan kesimpulan yang baik untuk mendukung pengambilan keputusan yang tepat sasaran.

Pada tahun 2021, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) melalui UPT Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang telah berhasil menyelenggarakan berbagai Pelatihan di Wilayah Kalimantan Selatan. 

Kegiatan evaluasi dilaksanakan ini sendiri dilaksanakan dari  30 November hingga 2 Desember 2021 di BPP Pandawan, Kecamatan Pandawan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Proses evaluasi pelatihan yang dilaksanakan oleh BPPSDMP dilaksanakan oleh BBPP Binuang dengan menggunakan metode Skala Guttman level IV.

Untuk kegiatan evaluasi sendiri dilakukan serentak di beberapa titik. Pengambilan kegiatan evaluasi dilakukan untuk kecamatan yang telah dilatih yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Enumurator pada yang bertugas untuk melakukan Evaluasi di titik Kecamatan Pandawan berasal dari BBPP Binuang, yaitu Susmawati SP MP, Rabiatus Saltiah dan Dwi Adriana.

Dari kegiatan evaluasi pasca Diklat yang telah dilaksanakan di Kecamatan Pandawan itu terlihat bahwa berkat adanya pelatihan yang dilaksanakan BBPP Binuang terbukti berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan dan keterampilan petani responden. 

Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si dalam kesempatan terpisah mengatakan, berdasarkan hasil dari Evaluasi Pelatihan yang telah dilakukan, kegiatan Pelatihan yang telah diselenggarakan membawa dampak positif.

"Pelatihan ini membawa dampak positif terhadap peningkatan produktivitas petani, nilai tambah petani, luas tanam, serta korporasi milik petani," ungkap Yulia.[adv]


Lebih baru Lebih lama