Sosialisasi Sadar Sampah, Wartawan Kotabaru Gandeng ITP Tarjun

Sosialisasi Sadar Sampah, Wartawan Kotabaru Gandeng ITP Tarjun

KOTABARU, MK – Puluhan awak media melakukan sosialisasi bersama PT. ITP Tarjun, Rabu (22/12/2021), di depan kantor Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Sigam Kabupaten Kotabaru.

Ini dilakukan untuk sosialisasi kepada masyarakat, khususnya di lingkungan RT 12 di area kampung pelangi agar menjaga lingkungan bebas dari sampah dan ini tentunya sangat penting, karena secara tidak langsung ikut melestarikan keanekaragaman hayati.

Daerah kampung pelangi ini sendiri berada di Desa Hilir Muara atau berbatasan langsung dengan daerah kawasan hutan mangrove dan banyak ekosistem yang hidup di dalamnya dan ini yang menjadi perhatian bersama.

Melihat hal itu, kalangan jurnalis Saijaan menggandeng PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (ITP) Plant Tarjun, untuk bisa lebih menggeliatkan lagi tentang kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah sembarangan.
 
Salah satu wartawan, Jumain menyambut baik kegiatan yang diprakarsai jurnalis dengan menggandeng salah satu perusahaan produsen semen Tiga Roda. 

“Ini juga menjadi langkah nyata yang dilakukan oleh rekan-rekan wartawan di Kotabaru. Prinsipnya, kami juga peduli lingkungan apalagi dengan dukungan dan support penuh dari Indocement,” ujarnya.

Ia berharap dengan sosialisasi tentang peduli sampah terhadap masyarakat, menjadi salah satu upaya nyata dari wartawan kepada lingkungan.

“Mudah-mudahan apa yang kami laksanakan hari ini menjadi momentum bagi wartawan sendiri dan juga masyarakat pada umumnya, serta terima kasih kepada Indocement mendukung kegiatan kami,” jelasnya.

Dimintai tanggapan warga kampung pelangi, Risna menilai kegiatan aosialisasi oleh wartawan Kotabaru sangat baik sekali.

“Terima kasih kepada Wartawan yang datang ke kampung kami dan melaksanakan kegiatan sosialisasi semacam ini, kami sangat mendukung sekali dan terimakasih,” katanya.

Di sisi lain, CSR Indocement Tarjun, Agus Rifani mengungkapkan, pihaknya melihat kegiatan yang dilaksanakan oleh wartawan di Kotabaru sangat baik sekali dalam mensosialisasikan pentingnya menjaga lingkungan dalam hal ini terkait dengan sampah, dan bagaimana mensiasati lingkungan agar terbebas dari sampah. 

“Ini sangat baik sekali apalagi kita ketahui bersama kampung pelangi Desa Hilir Muara merupakan binaan dari Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru. Kami melihat kesadaran masyarakatnya bagus sekali,” tuturnya.

Dikatakannya, ini akan menjadi komitmen dan kebijakan Indocement tentang kegiatan ramah lingkungan, dan tentu memberikan support terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Ini sebagai bukti pihaknya peduli akan terjaganya lingkungan dengan baik.

"Hal ini menjadi harapan semua pihak, menjaga lingkungan sangat penting sekali dalam kehidupan. dimulai dari hal kecil bagaimana membangun kesadaran untuk jangan membuang sampah sembarangan, bagaimanapun juga lingkungan yang terjaga dengan baik tentu banyak nilai positifnya yang dapat di ambil dari situ," terangnya.

Apalagi Desa Hilir Muara ini sudah terbangun Bank sampah, yang artinya sampah bukan lagi dibuang begitu saja, namun dengan pemilahan yang baik dapat bernilai ekonomis. Kita lihat dengan jelas, di kampung ini hampir-hampir susah ditemukan sampah dijalan.

Ia berharap sosialisasi yang digelar kalangan jurnalis akan semakin menambah kesadaran menjaga lingkungan bagi masyarakat, termasuk jurnalis sendiri, dan langkah tersebut diharapkan juga bisa ditiru oleh masyarakat lainnya tentang bagaimana menjaga lingkungan yang baik dimulai dari lingkungan sekitar.

Dengan begitu, salah satu output yang hendak dicapai adalah menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya, jangan membuang sampah sembarangan.

"Kami dari Indocement berpesan kegiatan semacam ini jangan sampai berhenti sampai di sini saja, karena ini menjadi PR kita semua untuk bersama-sama menjaga kebersihan yang tak kalah pentingnya terus menjaga sinergitas antara perusahaan, wartawan dan masyarakat pada umumnya.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama