Sekda Kapuas Harapkan HKTI Lahirkan Program Strategis Untuk Majukan Petani

Sekda Kapuas Harapkan HKTI Lahirkan Program Strategis Untuk Majukan Petani

KUALA KAPUAS, MK - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas, Septedy mengharapkan dari Rapat kerja cabang (Rakercab) yang digelar Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kapuas dapat menghasilkan program-program strategis, termasuk membela nasib para petani dalam meningkatkan penghasilannya

Dikatakan, HKTI ke depan harus terus berkarya dan dapat mengambil peran strategis dalam memajukan sektor pertanian di Kabupaten Kapuas

"Melalui Rakercab HKTI Kapuas ini kami dari pemerintah daerah mengharapkan akan muncul program-program strategis dari HKTI Kabupaten Kapuas dalam rangka meningkatkan pendapatan para petani" Kata Septedy, disela kegiatan menghadiri Rakercab HKTI di Ballroom Hotel Permata Inn, Jalan Seroja Kuala Kapuas, Sabtu (11/12/2021).

Didampingi Ketua HKTI Kapuas, Supenri, Sekda Kapuas ini menuturkan bahwa Kabupaten Kapuas merupakan salah satu lokasi pelaksanaan program strategis nasional, program lumbung pangan nasional atau food estate.

"Melalui program food estate ini kami harapkan HKTI mengambil bagian. Sehingga nanti bisa mendukung pemerintah juga para petani," kata Sekda.

Disamping itu juga, lanjut Sekda, pemerintah saat ini telah memberikan kesempatan kepada para petani yang belum sertifikat lahannya untuk memiliki sertifikat.

"Kita berharap ini bisa dimanfaatkan oleh para petani sehingga memiliki lahan yang bersertifikat. Ini sebagai salah satu syarat untuk akses ke perbankan," tandasnya.

Sehingga petani bisa mendapatkan akses permodalan dalam rangka menunjang usaha pertanian itu sendiri.

"Saya berharap kedepan petani kita menjadi petani yang independen, petani yang tidak tergantung lagi kepada pemilik modal atau tengkulak," harapnya.

Kedepan diharapkan melalui HKTI sinergi dengan pemerintah dan petani lebih baik lagi.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama