Pemkab Pulang Pisau Serahkan Alat Musik Kesenian Tradisional ke-12 Sanggar Seni

BUPATI Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang didampingi Kadisbudpar Pulang Pisau, Bakhzar Effendi saat menyerahkan alat musik kesenian tradisional.| foto: manan

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), menyerahkan alat musik kesenian tradisional kepada 12 sanggar seni yang ada di daerah setempat. 

Penyerahan dilakukan langsung oleh Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang didampingi Kadisbudpar, Bakhzar Effendi di Kantor Bupati Pulang Pisau, Selasa (21/12/2021). 

"Bantuan ini tidak lain bentuk kepedulian Pemkab Pulpis terhadap pelaku seni di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini. Kita berharap kebudayaan di daerah kita tetap lestari dan terus berkembang hingga dikenal diseluruh pelosok negeri," ucap Taty sapaan akrab orang nomor satu di Kabupaten Pulang Pisau itu. 

Senada, Kadisbudpar Pulang Pisau, Bakhzar Efendi mengatakan, bantuan alat musik kesenian tradisional yang disalurkan tersebut sebagai bentuk hadirnya pemerintah dalam aspek pembangunan, khususnya bidang kebudayaan.

Melalui program kerja Disbudpar Pulang Pisau tahun 2021 ini, tambah Bakhzar sapaan akrabnya, bantuan tersebut diberikan kepada pelaku seni dan budaya (sanggar) berupa peralatan musik tradisional.

"Jadi, kita harapkan dengan tersedianya peralatan musik tradisional di masyarakat, perkembangan seni budaya daerah oleh para pelaku seni lebih bersemangat lagi untuk melestarikan, mengembangkan dan tentu mencintai seni budaya lokal," harapnya. 

Ia menambahkan, hal tersebut juga harus dipertahankan, hingga pelestarian kesenian dan kebudayan di daerah dapat terus tumbuh dan berkembang dengan baik ke depannya.

"Jenis alat musik kesenian tradisional yang disalurkan tadi berupa, Bedug,
Gendang Manca, Gendang Karempet, Katambung, Gong atau Garantung, Kenong atau Kangkarung, Saron, Kecapi, Rebab dan Suling," tambah Bakhzar saat di konfirmasi sejumlah awak media.

Sementara, perlu diketahui daftar nama Sanggar Seni penerima, yakni Sanggar Seni “Kameloh Iring Unjung” Desa Henda. 

Sanggar “Danom Bajorah” Kecamatan Kahayan Hilir. Sanggar Kesenian “Tampung Penyang” Desa Maliku. 

Sanggar Tari “Riwut Andau” Desa Bukit Jabiren. Sanggar “Talenta Asi” Desa Bukit Rawi. Sanggar “Putir Santang”
Desa Pangkoh Hulu. 

Selanjutnya, Lembaga Pengelola Hutan Desa Desa Tangkahen. Sanggar Seni dan Budaya “Perguruan Palampang Penerus Tinjek” Desa Mintin. 

Sanggar Seni dan Tari “Tingkap Raya”
SMK Karya Pulang Pisau. Sanggar Seni dan Budaya “Bereng Hapakat” Kelurahan Bereng. Sanggar “Handep Hapakat” SMKN 1 Pulang Pisau, dan Sanggar seni SMAN-1 Kahayah tengah Desa Bahu Palawa.[manan]


loading...