Gubernur Minta Antisipasi Banjir Susulan

Gubernur Minta Antisipasi Banjir Susulan

PALANGKA RAYA, MK - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi dalam beberapa hari kedepan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) masih berpotensi untuk diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. 

Kondisi tersebut tentunya, berpotensi akan terjadinya banjir susulan.

Menyikapi perihal tersebut, Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran mengimbau, kepada seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota untuk tetap meningkatkan kewaspadaannya terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi.

"Kalimantan Tengah masih berpotensi untuk turun hujan deras. Saya minta masing-masing Kabupaten/Kota agar tetap waspada. Siagakan perlengkapan dan personel untuk skenario jika terjadi banjir dadakan," katanya, Senin (6/12/2021).

Sugianto meminta, kepada seluruh pemerintah daerah untuk menyiagakan pusat pengendalian operasi (Pusdalops) untuk memaksimalkan pengawasan dan melakukan pemetaan terhadap daerah rawan terjadi banjir.

"Pusdalops daerah harus rutin memberikan laporan rutin bagaimana kondisi terkini. Apabila diperlukan, dapat menetapkan status darurat bencana dan membentuk posko komando," jelasnya.

Kepada para Bupati dan Walikota, Sugianto juga meminta untuk melakukan pengelolaan tata air terintegrasi hulu hingga hilir, guna mengantisipasi terjadinya peningkatan debit air akibat curah hujan tinggi yang memungkinkan masih akan terjadi.

Menurutnya, kesiapan infrastruktur, sarana dan prasarana pengendalian dan penanganan bencana juga harus dipastikan. 

Berdasarkan data dari BMKG, kondisi cuaca wilayah Kalteng umumnya berawan hingga hujan ringan, dan berpotensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah. 

Suhu udara berkisar antara 23-33 derajat celcius. Angin umumnya bertiup dari arah Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan berkisar antara 10- 20 kilometer per jam.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama