Bersama Distan, Kejari Pulang Pisau Serahkan Bantuan Ayam Petelur ke Desa Tahai Baru

Bersama Distan, Kejari Pulang Pisau Serahkan Bantuan Ayam Petelur ke Desa Tahai Baru

PULANG PISAU, MK - Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau Pulang Pisau Dr Priyambudi, SH, MH, menyerahkan bantuan ternak ayam petelur kepada kelompok tani di kawasan food estate Kabupaten Pulang Pisau. 

Penyerahan bantuan tersebut, Kajari didampingi Kasi Perdata dan TUN Fuat Zamroni, SH, Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Pulang Pisau, Ir Slamet Untung Riyanto serta Kepala Desa Tahai Baru, Guswantoro, Jumat (10/13/2021) di Posko Desa Kejaksaan Negeri Pulang Pisau Tahai Baru. 

"Penyerahan bantuan hewan ternak ini dilakukan setelah sebelumnya diadakan bimtek mengenai budidaya ayam petelur yang mendatangkan ahli peternakan dari Peat Techno Park (PTP) Universitas Palangka Raya beberapa waktu lalu," kata Kajari kepada awak media. 

Dengan demikian, lanjut Kajari, para anggota kelompok tani dapat memahami bagaimana beternak ayam petelur dengan baik dan benar untuk menggerakan roda perekonomian di kawasan food estate dan dapat meningkatkan penghasilan mereka.

"Ayam Peternak ini diserahkan secara simbolis kepada para perwakilan anggota kelompok tani dimaksud," ujarnya. 

Diungkapkan Kajari, bantuan ayam petelur ini merupakan salah satu cara untuk menambah penghasilan anggota kelompok tani agar tidak hanya berfokus pada padi saja. Sehingga kawasan food estate dapat terintegrasi dengan peternakan juga.

"Mudah-mudahan bantuan ayam petelur ini bisa bermanfaat dan menghasilkan bagi para anggota kelompok tani. Ke depan akan diadakan bimtek lagi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada saat membudidayakan ayam petelur yang telah diserahkan pada hari ini," bebernya. 

"Selanjutnya juga akan ada bantuan ikan, silakan bagi anggota kelompok tani yang ingin memperoleh bantuan tersebut dapat mengajukan proposal kepada kami," tambah Kajari. 

Terpisah, disampaikan Kadistan Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto, bahwa bantuan ayam petelur ini merupakan inisiasi dari Kejaksaan Negeri Pulang Pisau sebagai tindak lanjut atas MoU yang telah dilaksanakan antara Distan dan Kejari Pulang Pisau beberapa waktu lalu. 

"Bantuan ayam petelur ini merupakan bentuk nyata dari pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau untuk menambahkan penghasilan masyarakat dari beternak ayam petelur. Walaupun bantuannya tidak banyak, tapi ini salah satu bukti nyata sesungguhnya perhatian pemerintah kepada masyarakat di kawasan food estate," ucap Slamet sapaan akrabnya. 

Sementara, Kepala Desa (Kades) Tahai Baru mengucapkan terimakasih banyak kepada Kejaksaan Negeri Pulang Pisau dan Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau yang telah memberikan bantuan ayam petelur kepada anggota kelompok tani. 

"Kami akan memanfaatkan bantuan ini dengan baik agar dapat meningkatkan penghasilan kami selain bertani," kata Guswantoro cukup singkat.[manan]


Lebih baru Lebih lama