Sukses Panen Perdana Lahan Percontohan Food Estate di Kecamatan Pulau Petak Hasil Memuaskan

Sukses Panen Perdana Lahan Percontohan Food Estate di Kecamatan Pulau Petak Hasil Memuaskan

KUALA KAPUAS, MK - Panen perdana di atas lahan percontohan  program food estate di Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas, Kalteng menunjukan hasil positif, pada panen perdana ini dihadiri Camat Pulau Petak, Seflihi, Koordinator Penyuluh Petani Lapangan (PPL) H. Widadi, SP, Penyuluh Budi Daya M. Imron Rosikhin dan sejumlah petani setempat di kawasan lahan sawah percontohan Kecamatan Pulau Petak, Senin (1/11/2021).

Camat Pulau Petak, Seflihi SE mengapresiasi hasil kerja keras Kostratani melalui penyuluh dengan optimal bersama kelompok tani hingga sukses panen perdana dengan hasil memuaskan, sekaligus mensukseskan program lumbung pangan nasional atau food estate khususnya di Kabupaten Kapuas.

"Hasil panen pada lahan percontohan ini 6,8 kilogram atau setara 10,8 ton gabah kering panen per hektar, ini tentu merupakan hasil yang memuaskan untuk percontohan budi daya padi unggul. Ini luar biasa, kedepannya ini sekitar 2.000 hektar lahan akan disiapkan," imbuhnya.

Oleh karenanya, iapun meminta para petani tetap bekerja memproduksi kebutuhan pangan, dan para penyuluh agar tetap mendampingi petani sehingga bisa diperoleh hasil produksi yang maksimal.

Sementara itu, Koordinator Penyuluh Petani Lapangan (PPL) H. Widadi, SP menjelaskan jenis padi  yang ditanam adalah padi unggul Inpari 32.

"Pada tahun 2021 ini Kecamatan Pulau Petak mendapatkan program ekstensifikasi atau pembukaan lahan baru seluas 1.100 hektar yang akan ditanami padi unggul pada musim tanam Okmar (Oktober - Maret) 2021/2022," jelas H. Widadi.

Ia berharap, sukses panen perdana ini akan terus berlanjut pada lahan lainnya dengan budi daya padi unggul.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama