Juru Bicara Banggar DPRD Barsel Laporkan Pembahasan KUA

Juru Bicara Banggar DPRD Barsel Laporkan Pembahasan KUA

BUNTOK, MK - Rapat Paripurna ke-VIII masa sidang ke-III Tahun 2021 digelar DPRD Barito Selatan (Barsel) di Graha Paripurna DPRD setempat, Rabu (24/11/2021).

Menurut Juru bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Barsel, Nurul Hikmah mengungkapkan, berdasarkan hasil laporan pembahasan KUA yang dilaksanakan DPRD Barsel bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam kurun waktu pertengahan Oktober hingga November 2021, asumsi pendapatan daerah tahun 2022 sebesar Rp1.002.010.164.746, dan belanja daerah ada berada pada posisi Rp.1.019.710.164.746.

"Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Barito Selatan tahun 2022 ditetapkan sebesar Rp1,019 Triliun lebih," terangnya. 

Banggar DPRD beserta Komisi I, Komisi II dan Komisi III memberikan beberapa catatan kepada TAPD dan perangkat daerah yang perlu dilakukan penyesuaian atau penambahan anggaran terkait kesepakatan program dan kegiatan yang ada dalam Rancangan PPAS tahun anggaran 2022.

"Penyesuaian atau penambahan anggaran tersebut, dalam rangka untuk menunjang tugas dan fungsi perangkat daerah mitra kerja masing-masing komisi DPRD tersebut," jelasnya.

Namun, sambung politisi PPP ini lagi, di sektor pembiayaan daerah diproyeksikan mengalami surplus sebesar Rp17,7 miliar berdasarkan perhitungan penerimaan pembiayaan daerah sebesar Rp80 miliar dikurangi jumlah pengeluaran pembiayaan daerah sebesar Rp62,3 miliar.

Dalam penetapan persetujuan KUA-PPAS tahun 2022, terdapat hal-hal penting yang jadi perhatian DPRD Barsel, bagi TAPD dan perangkat daerah sebagai pelaksana program dan kegiatan.[deni]



Lebih baru Lebih lama