DKPPP dan DPC PAI Kembangkan Anggrek Lokal Asal Balangan agar Tidak Punah

DKPPP dan DPC PAI Kembangkan Anggrek Lokal Asal Balangan agar Tidak Punah

PARINGIN, MK - Kabupaten Balangan juga memiliki keanekaragaman hayati eksotis, khususnya tanaman Anggrek Bulan lokal yang berasal di dua kecamatan yakni Halong dan Tebing Tinggi.

Guna mengembangkan Anggrek Bulan lokal agar tidak punah Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Pemkab Balangan bersama DPC Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kabupaten Balangan menggelar pelatihan budidaya anggrek di Aula Rumah Dinas Bupati Balangan, Kecamatan Paringin, Senin (18/10/2021).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Balangan, Rahmadi mengungkapkan, melalui pelatihan budidaya tanaman anggrek kepada Kelompok Wanita Tani (KWT), sangatlah tepat untuk mengembangkan Anggrek lokal asal Balangan.

"Kegiatan pelatihan budidaya anggrek ini, sangatlah bagus karena kita Kabupaten Balangan memiliki jenis anggrek bulan lokal sendiri," tuturnya.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut lanjut Rahmadi, dilaksanakan selama satu hari dengan terfokus pada perawatan dan pemeliharaan terhadap budaya anggrek.

Semantara itu, Ketua DPC PAI Balangan Hj Sri Huriyati Abdul Hadi mengharapkan dengan adanya pelatihan tersebut bisa memberikan pengatahuan dan wawasan dalam budidaya anggrek.

"Dengan adanya pelatihan ini kita berharap anggrek lebih dikenal luas dimasyarakat Balangan dan bisa memberikan pengatahuan dan wawasan kepada KWT dalam budidaya anggrek," ujarnya.

Ia juga berharap melalui pelatihan tersebut bisa meningkatkan dan mengembangkan  budidaya anggrek lokal yang berasal dari Kabupaten Balangan.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama