Distan Pulang Pisau Salurkan Ternak Itik Siap Bertelur di Kawasan Program Food

Distan Pulang Pisau Salurkan Ternak Itik Siap Bertelur di Kawasan Program Food

PULANG PISAU, MK - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), mulai mendistribusikan ternak Itik kepada Kelompok Tani di 5 kecamatan di wilayah program Food Estate Kabupaten setempat, Senin (25/10/2021). 

"Iya, mulai hari ini kami dari Distan Pulpis mendistribusikan atau disalurkan ternak itik petelur kepada 48 kelompok tani atau kelompok ternak di 5 kecamatan di di wilayah program Food Estate," kata Ibrahim, Kabid Peternakan dan Keswan di Distan Pulang Pisau, kepada awak media ini. 

Diterangkannya, program penyaluran ternak itik ini bersumber dari dana APBN pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian melalui Dirjen Perternakan Pusat.

"Jadi, program ternak itik ini bentuk dukungan untuk program Food Estate yang sudah dicanangkan Bapak Presiden kita pada tahun 2020 lalu," ujar Ibrahim. 

Selanjutnya, jelas Ibrahim, di tahun 2021 ini Kabupaten Pulang Pisau mendapat 24 ribu ekor ternak itik siap menghasilkan telur. 

Para penerima pun, katanya, disiapkan fasilitas dari kementerian, seperti kandang, pakan, dan obat-obatan (paket lengkap).

"Para kelompok penerima manfaat ini sebelumnya juga sudah dilatih melalui Bimtek terkait bagaimana perawatan memelihara hewan jenis unggas tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Ibrahim, dari total 24 ribu bantuan itik tersebut dibagi untuk 48 kelompok tani tersebar di 5 kecamatan di wilayah program Food Estate Pulang Pisau. 

"Dari 24 ribu itu, per kelompoknya menerima manfaat bantuan sebanyak 500 ekor. Bantuan ini juga lanjutan program tahun sebelumnya," bener Ibrahim.

Kemudian tambah Ibrahim, adanya bantuan ini tentunya Distan Pulang Pisau berharap agar masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani atau peternak dapat mengelola bantuan tersebut dengan baik, hingga dapat menambah penghasilan untuk pemilihan ekonomi masyarakat. 

"5 kecamatan yang mendapat bantuan ternak tersebut, yakni Kahayan Hilir, Maliku, Pandih Batu, Sebangau Kuala, dan Kahayan Kuala. Ke semuanya itu, kelompok tani penerima yang sudah melalui hasil verifikasi yang memenuhi syarat," pungkasnya.[manan]


Lebih baru Lebih lama