Dilaksanakan Sebulan, Kasrem 101 Tutup TMMD Ke-112

Dilaksanakan Sebulan, Kasrem 101 Tutup TMMD Ke-112

KOTABARU, MK - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 yang digelar di Desa Manunggul, Kecamatan Sampanahan dan Desa Manunggul Lama di Kecamatan Sungai Durian, resmi ditutup Kepala Staf Korem (Kasrem) 101/Antasari Kolonel Arh Heri Purwanto di Gedung Paris Barantai Kotabaru, Kamis (14/10/2021).

Tampak hadir dalam penutupan ini Wakil Bupati Kotabaru, Ketua DPRD Kotabaru, Prajurit Kodim 1004/Kotabaru, Forkopimda, dan Kepala SKPD.

Kasrem Heri menyampaikan, program TMMD ke-112 tahun Anggaran 2021 ini diselenggarakan selama 30 hari. Ini digelar dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan melibatkan Polri, pemerintah daerah, dan instansi terkait lainnya.

TMMD ini diselenggarakan untuk membantu pemerintah daerah guna meningkatkan eksplorasi pembangunan di daerah dalam membangun insfrastruktur serta membuka daerah terisolir.

Juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta meningkatkan kehidupan berbangsa dan bernegara agar tetap terpeliharanya kemanunggalan antara TNI dengan rakyat.

Kasrem menambahkan, TMMD tahun ini dilaksanakan di 4 kabupaten/kota yang ada di wilayah Kodam 6, yakni Kodim 0908 Bontang, Kodim 0910 Malinau, Kodim 1002 Hulu Sungai Tengah dan Kodim 1004/Kotabaru.

“Wujud Sinergi Membangun Negeri“ yang menjadi tema program ini dinilai sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk membangun daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata sekaligus sebagai momentum untuk menggelorakan semangat gotong royong.

"Berdasarkan hasil evaluasi, saya menilai penyelenggaran TMMD kali ini berjalan dengan lancar, tertib dan aman sehingga menghasilkan yang sangat baik dan menggembirakan," terangnya.

Dandim 1004/Kotabaru, Letkol Inf Roy Fakhrul Rozi usai acara menjelaskan, kegiatan TMMD ini berupa pembangunan fisik, dengan pembukaan jalan sepanjang 6000 meter x 10 meter, pengerasan jalan sekitar 1.300 meter x 6 meter, dan pembuatan drainase di sepanjang kiri kanan bahu jalan.

Juga pemasangan gorong-gorong, pembangun MCK, serta pembangunan rumah sebanyak 3 unit rumah. Kemudian untuk pembangunan non fisik meliputi kegiatan bakti sosial dan penyuluhan.

"Alhamdulillah dalam 30 hari TMMD ke-112 tahun ini, baik itu pembangunan fisik maupun pembangunan non fisik dapat terselesaikan tepat waktu dengan hasil 100%. Ini berkat dukungan dari Polri dan Pemerintah Daerah serta masyarakat setempat," paparnya.

Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif mengapresiasi dan penghargaan yang tinggi atas pelaksanaan TMMD, dengan jumlah personel 150 orang terdiri dari TNI-Polri serta masyarakat setempat yang selesai dengan lancar dan sukses.

"Program TMMD ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan dan memperlancar perekonomian masyarakat," ucapnya.

Andi berharap kegiatan ini dapat berkesinambungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk memantapkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Melalui kegiatan TMMD ini akan mempercepat persaudaraan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat guna menunjang stabilitas nasional," tuturnya.

Andi berpesan kepada masyarakat agar selalu menjaga dan merawat hasil pelaksanaan TMMD yang sudah selesai. Manfaatkan pembangunan ini dan diharapkan dapat bertahan lama terus dirasakan oleh masyarakat.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama