Bekali Keterampilan, Warga Binaan Lapas Kotabaru Budidayakan Ikan Lele

Bekali Keterampilan, Warga Binaan Lapas Kotabaru Budidayakan Ikan Lele

KOTABARU, MK – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kotabaru memberikan bekal keterampilan kepada warga binaan cara budidaya ikan lele. Ini adalah salah satu program pelatihan bagi warga binaan.

Kepala Lapas kelas IIA Kotabaru Hidayat, Jumat (15/10/2021) mengatakan, Lapas Kotabaru sudah membuktikan dengan membudidayakan ikan lele atau yang dikenal dengan nama latin Clarias Batrachus di lingkungan Lapas kelas llA Kotabaru.

"Ini sebagai salah satu bentuk pembinaan bagi Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kotabaru untuk memanfaatkan pekarangan di luar tembok jeruji, persisnya di depan halaman Lapas. dan ini sebagai sarana penempatan kolam-kolam ikan lele," kata Hidayat.

Hidayat menerangkan, kegiatan ini diharapkan menjadi ajang pembelajaran bagi warga binaan Lapas kelas IIA Kotabaru sebagai bekal ilmu berwirausaha ketika mereka bebas dari Lapas nanti.

"Bukan hanya budidaya ikan lele saja yang kita berikan bekal, akan tetapi banyak keterampilan yang kita berikan kepada mereka. dan agar mereka nantinya dapat mengaplikasikannya setelah bebas nanti," ucap Kalapas.

Untuk itu, pihaknya memanfaatkan halaman yang kosong di luar tembok jeruji untuk membuat kolam ikan lele dengan ukuran lebar 1,5 m panjang 6 meter, semuanya berjumlah 5 kolam dengan jumlah bibit yang ditabur sebanyak 3.000 bibit ikan lele.

"Saya berharap semoga ke depannya para Napi yang bebas nanti dapat berwirausaha, sebab mereka kembali ke lingkungan tempat tinggalnya masing-masing usai melaksanakan masa tahanan," tuturnya.

Ini adalah salah satu langkah kemandirian bagi mereka itu sendiri, dan membangun citra positif untuk kepercayaan diri Napi itu sendiri. pada saat bebas dan kembali kepada keluarga, dan di tengah-tengah masyarakat nanti," pungkasnya.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama