BBPP Binuang Cetak Petani Milenial Melalui Magang

BBPP Binuang Cetak Petani Milenial Melalui Magang

REGENERASI menjadi salah satu fokus Kementerian Pertanian. Regenerasi diharapkan berjalan baik di semua daerah.

Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, Kementerian Pertanian (Kementan) berkomitmen menyiapkan SDM pertanian yang berjiwa wirausaha. 

Oleh karenanya, salah satu program utama Kementan dalam menjamin produktivitas, kontinyuitas dan ketahanan pangan adalah penumbuhan 2,5 juta pengusaha pertanian milenial sampai dengan tahun 2024.

Sejalan dengan harapan tersebut untuk menumbuhkan dan mencetak pengusaha petani milenial, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang menyiapkan dan membekali mahasiswa dan siswa SMK yang melakukan magang atau praktik kerja di BBPP Binuang dengan berbagai keterampilan teknis pertanian maupun kewirausahaan.  

Saat ini ada 11 mahasiswa dan 22 siswa SMK yang sedang melakukan magang atau praktik kerja. Selama berada di kampus BBPP Binuang. 

Mereka diberikan pelatihan berbagai keterampilan mulai dari memproduksi hasil pertanian, melakukan penanganan pasca panen, pengolahan hasil, pengemasan sampai pemasarannya.  

Mereka juga dikenalkan dan dilatih mengoperasikan berbagai alsintan  yang ada di BBPP Binuang, di antaranya Alsintan untuk olah tanah baik traktor roda 4, traktor roda 2 maupun cultivator. 

Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si  selaku Kepala BBPP Binuang menyatakan, sebagai calon-calon penerus pembangunan pertanian dimasa depan, sudah seharusnya peserta magang ini menguasai teknologi dan inovasi mekanisasi pertanian. Karena pemanfaatan mekanisasi pertanian  terbukti  dapat menghemat waktu dan biaya produksi serta meningkatkan produktivitas pertanian.

“Untuk lebih meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan jiwa wirausaha mereka, selama mengikuti kegiatan magang di kampus BBPP Binuang, anak-anak ini juga kami ikut sertakan pada kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi Petani Milenial dan Petani Andalan,”ujar Yulia. 

Diharapkan setelah selesai magang di BBPP Binuang, nantinya mahasiswa dan siswa SMK tersebut dapat tumbuh dan berkembang menjadi wirausaha-wirausaha muda pertanian yang sukses.[adv]


 







Lebih baru Lebih lama