Program Dinas Pertanian Didampingi dan Dikawal Kejari Pulang Pisau

Program Dinas Pertanian Didampingi dan Dikawal Kejari Pulang Pisau

PULANG PISAU, MK - Menindaklanjuti Nota Kesepahaman atau MoU antara Kejaksaan Negeri (Kejari) Pulang Pisau bersama Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimatan Tengah (Kalteng), maka disepakati setiap program yang melekat di Distan setempat  mendapat pendampingan dan pengawalan oleh jajaran adhyaksa dalam hal ini Kejari Pulang Pisau.

Menindaklanjuti MoU tersebut, maka dilakukan pertemuan di Aula Kejari Pulang Pisau pada Kamis 2 September 2021, dihadiri langsung oleh Kajari Pulang Pisau Dr Priyambudi, SH, MH, Kadistan Pulang Pisau, Ir Untung Slamet Riyanto beserta Kasi dan Kabid dari kedua belah pihak. 

Pertemuan membicarakan 2 agenda, yakni pertama merumuskan kegiatan bersama dalam mendukung pengembangan kualitas mitra binaan Kejaksaan Negeri Pulang Pisau di kawasan food estate. 

Kemudian kedua mengenai rencana pendampingan dan pengawalan kegiatan-kegiatan yang ada di Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau pada tahun 2022. 

"Ini tidak lain menindaklanjuti MoU yang dibuat pada akhir Mei 2021 di Gedung Sanggar Seni Desa Tahai Baru, Kecamatan Maliku acara Launching Program dan Peresmian Posko dan Mitra Binaan Kejari Pulang Pisau," kata Priyambudi kepada awak media.

Menurutnya, pendampingan dan pengawalan kegiatan di kawasan food estate merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan sebagaimana tupoksi kejaksaan dalam mendampingi dan mengawal proyek strategis nasional, yang mana Kabupaten Pulang Pisau mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat untuk melaksanakan PSN di bidang ketahanan pangan. 

"Ditambah lagi sudah adanya MoU dengan Distan Pulpis tentang Kerjasama Kemitraan untuk Pembinaan, Pendampingan dan Pengawalan Pembangunan Pertanian. Maka, dengan ini kita harapkan kedepan dapat dilakukan sinergi dan dukungan dalam membangun kawasan food estate bersama Distan dan menjadi pilot projek bagi OPD lainnya," ucapnya.

Terpisah, Kadistan Kabupaten Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto berharap pihak Kejari Pulang Pisau dapat mendampingi dan mengawal kegiatan-kegiatan yang melekat di Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau.

"Jadi, kita berharap pihak Kejaksaan Pulpis dapat terlibat dalam kegiatan sosialisasi bantuan pertanian, perkebunan, dan peternakan yang diselenggarakan Distan," ucap Slamet sapaan akrabnya kepada awak media ini, Jumat (3/9/2021).

Atas sinergitas ini, tambah Slamet, pihaknya merasa bangga dan berterimakasih kepada jajaran Kejaksaan Negeri Pulang Pisau karena telah mempercayakan kepada untuk mendampingi dan mengawal proyek strategis nasional dibidang ketahanan pangan di kawasan food estate dan kegiatan lainnya yang bertujuan meningkatkan perekonomian di bidang pertanian.

"Kami mengharapkan sekali lagi Kejari Pulpis  dapat mendampingi dan mengawal kegiatan kami, khususnya program kawasan food estate dan kegiatan lainnya agar bebas dari permasalahan hukum," pintanya.

"Nanti kita juga diawal tahun depan akan kembali melaksanakan pertemuan dengan pihak Kejari Pulpis," tambahnya.[manan]


Lebih baru Lebih lama