Peringati Hari Rabies Sedunia, Distan Pulang Pisau Ajak Vaksinasi Hewan Peliharaan

Peringati Hari Rabies Sedunia, Distan Pulang Pisau Ajak Vaksinasi Hewan Peliharaan

PULANG PISAU, MK - Tepat tanggal 28 September 2021. Peringatan Rabies Sedunia kembali diperingati. 

Di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sendiri, peringatan tersebut berlangsung di Halaman Kantor Dinas Pertanian (Distan) kabupaten setempat, Selasa (28/9/2021).

Peringatan Hari Rabies Sedunia di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini, diselenggarakan Distan Pulang Pisau bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Kalteng.

"Kita Distan Pulpis dalam rangka Peringatan Hari Rabies Sedunia menggelar vaksinasi hewan peliharaan. Kegiatan ini kita bekerjasama dengan pihak PDHI Cabang Kalteng," kata Slamet Untung Riyanto, Kadistan Pulang Pisau kepada awak media ini.

Pada kesempatan ini, dirinya berharap kepada masyarakat untuk membawa hewan peliharaan mereka, agar terhindar dari berbagai penyakit yang biasa menyerang hewan peliharaan.

"Salah satunya penyakit rabies yang kerap menyerang hewan peliharaan, seperti kucing, anjing dan monyet. Jadi, perlu kesadaran dari pemilik hewan peliharaan tadi untuk memeriksa di posko-posko kesehatan terdekat misalnya," tutur Slamet berpesan.

Atas terselenggaranya vaksinasi hewan dalam rangka memperingati hari rabies ini, dirinya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan program vaksinasi rabies ini. 

"Terutama dengan pihak PDHI Cabang Kalteng, Dinas Kesehatan Pulang Pisau, Dinas Pertanian Pulang Pisau di bidangnya, dan pihak terkait lainnya," ucap Slamet.

"Vaksin rabies ini bertujuan untuk memberantas penyakit rabies, karena penyakit ini sangat berbahaya yang dibawa oleh hewan tadi. Dan itu belum ada obatnya apabila positif menular dari hewan ke manusia," tambahnya.[manan/suratman]


Lebih baru Lebih lama