Peluang Emas Petani, Politisi Muda Balangan Ini Geliatkan Budidaya Porang

Peluang Emas Petani, Politisi Muda Balangan Ini Geliatkan Budidaya Porang

PARINGIN, MK - Melalui aspirasi dewan, politisi muda yakni Sekretaris Komisi II DPRD Balangan, Muhammad Rusdin Barhiwan menggeliatkan budidaya porang untuk masyarakat Kabupaten Balangan.

Menurutnya, tanaman porang,l bisa dimanfaatkan berbagai macam olahan dari bahan pangan, bahan baku industri, bahan baku kertas, pengikat dalam pembuatan tablet, bahan kosmetik dan berbagai lainnya. 

"Saat ini memang penyumbang terbesar ekspor dari Kalsel adalah olahan kelapa sawit dan dengan adanya geliat budidaya porang ini bisa menjadikan komoditas ekspor baru bagi Kalimantan Selatan," kata Rusdin di Paringin, Jumat (17/9/2021).

Tentunya hal ini merupakan momentum positif dalam ekspor perdana pengiriman porang ke Jepang yang dilakukan oleh Kabupaten Balangan beberapa bulan lalu.

"Yang menjadikan budidaya tanaman Porang  memiliki nilai ekonomis cukup tinggi, ini merupakan peluang emas bagi petani  Porang di Balangan," ujarnya.

Bahkan, tambahnya, peluang ekspor porang berdasarkan keterangan Sekdaprov Kalsel di salah satu portal media online tidak hanya ke Jepang, tetapi juga China, Thailand, Korea, Taiwan, bahkan Amerika serikat dan Eropa. 

"Saya beberapa waktu lalu berkesempatan meninjau fase pengolahan lahan di salah satu desa pada lahan hampir seluas satu hektare, yang nantinya dibudidayakan tanaman Porang oleh kelompok tani masyarakat. Dan ini merupakan aspirasi kami pada APBD-P TA 2021," ungkapnya.

Karena baginya pengembangan dan kemajuan sektor pertanian merupakan salah satu yang menjadi fokus pihaknya di Komisi II, yang bermitra kerja dengan Dinas Pertanian. Selain di sektor kegiatan kepemudaan, olahraga, pariwisata dan lainnya yang menjadi bagian tupoksi leading sektor pihaknya di Komisi II.

"Ke depan kami berharap Dinas Pertanian melalui bagian yang membidanginya bisa melakukan pendampingan dan pembinaan mulai dari budidaya tanaman porang, pelatihan pra serta pascapanen, agar budidaya porang yang dihasilkan oleh petani porang Balangan tetap terjaga memiliki standar kualitas mutu ekspor ke luar negeri," harapnya.

Selain itu, Ia juga berharap pencapaian hasil dari budidaya Porang petani dapat menjadi pendorong kuat pemulihan ekonomi masyarakat khususnya di Balangan, terlebih saat masa pandemi yang sedang berlangsung ini. Dan Balangan terus dapat ambil bagian dalam meningkatan ekspor dibidang pertanian Kalimantan Selatan.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama