Meski Pandemi Covid-19, Daya Tarik Pariwisata Diminta Kembali Dibuka

Meski Pandemi Covid-19, Daya Tarik Pariwisata Diminta Kembali Dibuka

PALANGKA RAYA, MK - Meski masih dilanda pandemi Covid-19, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) diinsruksikan untuk dapat membuka kembali daya tarik wisata dan usaha pariwisata yang ada di daerahnya masing-masing.

Dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, Guntur Talajan, dibukanya kembali daya tarik sektor pariwisata itu merupakan salah satu upaya mengembangkan kembali daya tarik pariwisata pada seluruh Kabupaten/Kota.

Menurutnya, sesuai amanat Gubernur Kalteng maka revitalisasi pada sektor pariwisata perlu dilakukan.

"Oleh sebab itu kami mengimbau kepada Pemerintah Kabupaten/Kota serta para pelaku pariwisata untuk membuka kembali daya tarik pariwisata yang ada," ajaknya.

Dijelaskan, pengembangan dan revitalisasi tempat-tempat wisata, selain dapat meningkatkan kembali gairah sektor pariwisata juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalteng dapat mengimbau dan menginstruksikan jajarannya agar menggali dan mengembangkan tempat-tempat wisata strategis pada tiap wilayahnya.

Namun begitu, tambahnya, yang harus diperhatikan dalam pembukaan tempat wisata, yakni situasi penyebaran Covid-19. Dimana harus dipastikan pengembangan sektor pariwisata dan kebudayaan aman dari penularan Covid-19.

"Selama pelaksanaan kepariwisataan, maka diharapkan tetap mengacu pada ketentuan yang belaku, yaitu dengan penerapan protokol kesehatan dan sarana prasarana harus dilengkapi agar pengunjung dapat merasa aman hingga terbebas dari penularan Covid-19," pungkas.[kenedy/suratman]


Lebih baru Lebih lama