Meski Batal Naik Tarif, Pelanggan PDAM Kapuas Kategori RTA bakal Direklasifikasi

Meski Batal Naik Tarif, Pelanggan PDAM Kapuas Kategori RTA bakal Direklasifikasi

KUALA KAPUAS, MK - Tarif air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kapuas kategori Rumah Tangga A (RTA) batal dinaikan dengan segala pertimbangan.

Dewan Pengawas PDAM Kapuas, H Edy Lukman mengatakan, kendati batal naik tarif, PDAM Kapuas akan melakukan reklasifikasi data pelanggan, mana saja pelanggan yang benar-benar masuk kategori pelanggan rumah tanga A dan mana yang seharusnya tidak masuk kategori tersebut.

"Kita akan kembali melakukan  re-klas Kelompok A ini akan kita re-klas kembali," ujarnya, usai rapat terkait penyesuaian tarif PDAM, di Aula Bappeda Kapuas, Selasa (31/8/2021).

Sebab, menurutnya, masih ada terdapat pelanggan PDAM yang bukan kategori rumah tangga A tetapi mereka menikmati tarif air kategori rumah rangga A dengan kata lain tidak termasuk sebagai golongan menengah ke bawah.

Adapun jenis pelayanan golongan pada PDAM Kapuas, yaitu kelompok sosial umum, sosial khusus, rumah tangga A, rumah tangga B dan Instansi pemerintah

Ditambahkan Pjs Direktur PDAM Kapuas, Maria Magdalena bahwa data kelompok pelanggan sudah siap, namun akan dilakukan evaluasi lagi.

Sebelumnya, PDAM Kapuas sempat  mengumumkan kenaikan tarif air kepada pelanggan bagi beberapa kategori kelompok, termasuk bagi kategori kelompok rumah tangga A.

Kenaikan diberlakukan untuk pemakaian air bulan Agustus 2021, dan pembayaran rekening bulan September 2021, belakangan kenaikan tarif air yang sudah disosialisasikan melalui pembagian  brosur itu mendapat protes dari sejumlah warga dan kelompok masyarakat  yang merasa terbebani dan keberatan.  

Alhasil penyesuaian tarif air PDAM Kapuas tersebut kemudian dilakukan peninjauan ulang, hasilnya PDAM tetap menaikan tarif pada beberapa kategori saja atau tidak seluruhnya.

Kategori lain, yang mengalami kenaikan tarif diberlakukan untuk pemakaian air PDAM bulan September 2021 yang dibayarkan pada Oktober 2021 ke depan.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama