Masyarakat Diminta Jaga Kebersihan Drainase

Masyarakat Diminta Jaga Kebersihan Drainase

BUNTOK, MK - Menjaga kebersihan saluran drainase yang ada di pemukiman, tentu harus dilakukan warga di masing-masing wilayah. Pun dengan warga di Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Hal ini juga menjadi perhatian Anggota DPRD Barsel, Tri Wahyuni, di mana Ia meminta seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan drainase. 

"Kiranya agar dapat bersama-sama menjaga kebersihan saluran drainase yang ada di pemukiman masing-masing," pinta Tri, Kamis (9/9/2021).

Menurut politisi PDIP ini, hujan dengan intensitas yang cukup tinggi hampir beberapa hari turun kerap menimbulkan banjir.

Termasuk juga genangan air di sejumlah daerah pemukiman padat penduduk yang tak memiliki sistem drainase yang cukup baik.

“Untuk itu, kami mengimbau agar masyarakat rutin melakukan pengecekan saluran drainase di kawasan pemukiman, lakukan gotong royong membersihkan saluran drainase di daerah pemukimannya agar tidak tersumbat," ungkapnya.

Sebab, lanjutnya, memeriksa dan membersihkan saluran drainase secara rutin bisa mencegah terjadinya luapan air dari drainase yang disebabkan oleh drainase yang tersumbat oleh sampah.

Dengan masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, terutama di saluran drainase, tentu bisa mencegah terjadinya sumbatan drainase akibat sampah. 

Memperhatikan saluran drainase pada musim hujan seperti saat ini sangat-sangat penting, untuk mengantisipasi terjadinya genangan air di pemukiman yang disebabkan oleh curah hujan yang begitu tinggi.

"Selain itu juga, turut membantu menjaga kebersihan lingkungan agar tak menjadi wadah berkembang biaknya penyakit," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama