Bupati Abdul Hadi Serahkan Bantuan Stimulan Perbaikan Rumah Rusak Ringan Pasca Bencana

PARINGIN, MK - Akhirnya bantuan stimulan perbaikan rusak ringan pasca bencana tahun 2021 di Kabupaten Balangan mulai disalurkan. 

Acara Penyerahan Secara Simbolis dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bertempat di Aula Benteng Tundakan, Selasa (14/9/ 2021). 

Penyerahan dilakukan langsung oleh Bupati Balangan, H Abdul Hadi didampingi oleh pihak stakeholder terkait. 

Dalam kesempatan tersebut, Plt Kepala BPBD Balangan, H Rahmi mengatakan, bantuan ini diperuntukkan bagi rumah warga yang terdampak banjir pada awal tahun 2021 kemarin. 

Menurutnya, banjir waktu itu termasuk yang terbesar di Kabupaten Balangan sehingga banyak membuat rumah warga yang rusak. 

"Banyaknya rumah warga yang rusak, BPBD melakukan pendataan dan kemudian diusulkan ke BNPB, dengan berbagai tahapan akhirnya Kabupaten Balangan dapat bantuan untuk perbaikan rumah rusak ringan akibat banjir," ungkapnya. 

Rahmi melaporkan bahwa total yang menerima bantuan sebanyak 517 rumah dengan total anggaran yang didapatkan Rp 5.170.000.000 dengan masing-masing per rumah mendapatkan Rp 10.000.000. 

"Bantuan tersebar di 44 desa disemua kecamatan, kecuali Batumandi karena saat banjir kemarin tidak terdampak, di Paringin 34 rumah, Paringin Selatan 39 rumah, Lampihong 120 rumah, Juai 208 rumah, Halong 20 rumah, Awayan 30 rumah, Tebing Tinggi 60 rumah," ungkapnya. 

Lebih lanjut disampaikan H Rahmi, pelaksanaan penyaluran selanjutnya akan melibatkan stakeholder terkait demi memonitoring agar bantuan tepat sasaran. 

"Mudahan bantuan ini dapat membantu masyarakat untuk memperbaiki rumah yang rusak akibat banjir kemarin. Sebenarnya awal Agustus bantuan ini sudah harus disalurkan, namun karena covid sehingga ditunda, dan hari ini mulai disalurkan," ujarnya. 

Penyaluran dana stimulan ini diserahkan via rekening bank penerima. Di mana, BPBD Balangan bekerjasama dengan Bank BRI untuk pengelolaan uang yang diserahkan. 

Selain itu, nantinya penerima bantuan tak lepas dari pengawasan tim yang akan memantau penggunaan dana untuk rehabilitasi rumah rusak ringan tersebut. 

Bupati Abdul Hadi mengatakan, Pemkab Balangan akan mengerahkan tim pengawasan. Sehingga dana yang disalurkan benar-benar terarah untuk rehabilitasi. Bahkan penerima bantuan juga akan diminta perihal kwitansi pembelian dan biaya tukang sebagai bukti penggunaan dana tersebut. 

"Saya berharap semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga dan dapat meringankan beban mereka untuk kepentingan rehab rumah pasca banjir," ucap Abdul Hadi. 

Pihaknya juga berupaya mengantisipasi banjir yang melanda di Balangan, terutama adanya rencana pembangunan rumah panggung di Kecamatan Juai sebagai posko banjir.[agus/adv]
loading...