Ketua Komisi ll Ingatkan Pembenahan Akses Infrastruktur

Ketua Komisi ll Ingatkan Pembenahan Akses Infrastruktur

BUNTOK, MK - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel), diingatkan untuk terus membenahi akses infrastruktur. Ini tak lain agar seimbang dengan lajunya perkembangan dunia investasi di daerah, sehingga ke depan persoalan bobot ketahanan badan jalan tidak lagi menjadi persoalan.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi ll DPRD Kabupaten Barsel, Ensilawati Wijaya. Ia mengatakan, dengan aktivitas angkutan yang dalam beberapa tahun terakhir kian marak, Pemkab Barsel harus sudah memikirkan solusi mempersiapkan jalan yang mampu menahan muatan sumbu terberat (MTS) lebih dari 8 ton.

“Memang kalau melihat dari fakta yang terjadi saat ini, pemerintah belum siap menghadapi lajunya arus investasi di daerah. Itu terlihat dari kerusakan sejumlah badan jalan yang terjadi di Kota Buntok, hal itu bisa dikatakan kesiapan infrastruktur daerah kita saat ini belum mampu mengimbangi hal itu,” kata Ensilawatika, Selasa (27/7/2021).

Menurutnya, semakin marak di sejumlah ruas jalan harus sudah menjadi perhatian, terutama dari kesiapan jalan yang dilalui angkutan tersebut agar dapat mampu menahan muatan yang lebih memadai sehingga usia jalan yang dilewati pun dapat bertahan lama. 

“Jika infrastruktur hanya diperbaiki namun tidak ada peningkatan, sama saja itu hanya menunda untuk sementara waktu sebelum kerusakan kembali terjadi seperti yang sudah-sudah," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama