Atasi Persoalan Pelaku Ekonomi Kecil, Enung: Perkuat Sektor UMKM

Atasi Persoalan Pelaku Ekonomi Kecil, Enung: Perkuat Sektor UMKM

BUNTOK, MK - Wakil Ketua ll DPRD  Barito Selatan (Barsel), Enung Irawati mendorong pemerintah daerah setempat untuk menggalakkan dan memperkuat sektor UMKM.

Hal itu bertujuan agar mengatasi persoalan pelaku ekonomi kecil kian melemah akibat terdampak pandemi.

“Salah satu yang harus kita lakukan, digalakkan sektor UMKM. Ini akan membuat masyarakat menengah ke bawah bisa berkembang,” ucap Enung, Selasa (27/7/2021).

Menurutnya, saat ini pelaku ekonomi kecil dan menengah juga perlu diberi bantuan permodalan dan pemasaran produk mereka agar mereka bisa bersaing dan tidak digilas oleh ekonomi koorporasi.

Untuk melindungi dan memperkuat ekonomi kerakyatan, juga bisa dengan memperkuat sumber daya manusia (SDM) kepada para pekerja atau kaum buruh dan kaum pencari kerja atau kaum muda, dengan memberikan berbagai pelatihan dan keterampilan agar mereka memiliki sertifikasi.

Meski diakuinya tugas tersebut tetap kembali kepada eksekutif sebagai eksekutor dari semua program, namun legislatif wajib memberikan saran dan masukan membangun.

Dia berharap ini bisa menjadi pertimbangan Pemkab Barsel, ke depan agar dapat memasukan program UMKM untuk peningkatan ekonomi kerakyatan.[deni]


Lebih baru Lebih lama