Dewan Kota Beri Dukungan Pelaku UKM

Dewan Kota Beri Dukungan Pelaku UKM

Anggota DPRD Banjarmasin menggelar reses dengan warga Kelurahan Surgi Mufti di Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara.

BANJARMASIN, MK - DPRD Kota Banjarmasin memberikan dukungan khusus terhadap para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Kelurahan Surgi Mufti, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Menurut H Sukhrowardi, Anggota DPRD Kota Banjarmasin saat reses dengan warga Kelurahan Surgi Mufti di Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara, pihaknya memberikan perhatian khusus bagi para UKM kuliner khas Surgi Mufti.

"Di Surgi Mufti ini ada dua kuliner khas yang bisa dikatakan legenda, yakni apam habang dan masakan tetal, wirausaha ini sedikit perlu dibantu pengembangannya," ujar Politisi Golkar, Kamis (1/7/2021).

Lebih jauh dijelaskan legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banjarmasin Utara ini, jika tidak dibantu pengembangannya, baik wirausaha baru maupun yang sudah lama mereka sulit berkembang. Apalagi di masa pandemi ini hampir semua terdampak, sehingga perlu ada dukungan dari pemangku dan pengambil kebijakan.

Salah satunya di wilayah Surgi Mufti yang merupakan wilayah penduduk yang padat dan memiliki sejarah sebagai daerah kota tua, banyak UKM ditemukan kuliner
khas Banjar, seperti kuliner kerupuk amplang, kerupuk haruan dan lain sebagainya.

Diharapkan Pemerintah Kota melibatkan beberapa instansi untuk melakukan pembinaan terhadap wirausaha dan menjangkau keseluruhan UKM di wilayah Surgi Mufti tersebut.

"Artinya sejalan dengan program pemerintah kota untuk penciptakan wirausaha dan UKM Surgi Mufti harus menyentuh mereka disana," jelasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Banjarmasin Zainal Hakim mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini, segala sektor ekonomi terdampak kuat, utamanya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Memang banyak aspirasi masyarakat di Surgi Mufti, agar Pemerintah Kota mendukung kuat di masa pandemi Covid-19 ini, khusus para UKM di sana. Sebab banyak masyarakat yang harus merintis wirausaha baru di masa sulit ini lantaran kehilangan pekerjaan baik di PHK maupun dirumahkan.

Selain kesulitan permodalan, ungkap Zainal Hakim, para wirausaha baru ini juga terkenda dengan promosi dan pemasaran.

"Salah satunya adalah fokus pembinaan marketing yang harus digalakkan, bagi UMKM di daerah tersebut dan Pemerintah Kota  harus beri perhatian untuk itu," kata politisi PKB ini.[toso]


Lebih baru Lebih lama