Cyber Security Kalsel Siap Tangkal Kejahatan Dunia Maya

Cyber Security Kalsel Siap Tangkal Kejahatan Dunia Maya

BANJARBARU, MK– Pesatnya perkembangan teknologi di era digitalisasi yang diiringi dengan semakin maraknya kejahatan dunia maya atau Cyber Crime, menuntut peran Cyber Security mampu lebih meminimalisir dan mencegah terjadinya kejahatan di dunia maya, khususnya di Kalimantan Selatan.

Untuk itu, Provinsi Kalimantan Selatan akan siap menangkal perkembangan tindak kejahatan dunia maya tersebut secara bersama-sama, antara lain dengan melakukan penandatanganan kesepahaman Bersama (MoU) antara Dit Intelkam Polda Kalsel dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan dan Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat.

"Diharapkan dengan adanya kerjasama ini dapat lebih meningkatkan lagi kemampuan dari Cyber Security untuk mencegah serangan-serangan siber di Kalsel," ujar Panit III Subdit Kamsus Dit Intelkam Bidang Siber Polda Kalsel, IPDA Muhammad Dicky Khairil, Selasa (6/7/2021).

Maraknya kejahatan siber di sosial media juga dimaksimalkan oleh Dit Intelkam Polda Kalsel dengan rutin melakukan pencegahan patroli siber setiap harinya.

"Dimana nantinya hasil temuan kami tersebut akan dilaporkan ke pimpinan untuk dilakukan tindak lanjuti," katanya.

Disisi lain, pihaknya juga siap menerima laporan masyarakat terkait adanya kejahatan siber di dunia maya yang disinyalir melanggar Undang-Undang ITE.

Dalam mendukung hal ini, Kepala Dinas Diskominfo Kalsel, Gusti Yanuar Noor mengatakan bahwa, pihaknya telah membentuk Cyber Security di lingkup Pemrov untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan siber dunia maya.

"Di provinsi, kami sudah membentuk tim cyber security. Ke depannya kami juga berharap dapat membentuk tim cyber security di setiap Kabupaten/Kota untuk memperkuat pencegahan kejahatan dunia maya," ungkapnya.

Untuk memaksimalkan peran Cyber Security di Kabupten/Kota nantinya, ia juga berharap kerjasama dengan Polres setempat dalam terjalin. Sehingga memudahkan dalam melakukan pencegahan serangan siber.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik ULM Dr Bani Noor Muchamad mengapresiasi atas terjalinnya kerjasama tersebut. Ia mengatakan pihaknya akan mendorong mahasiswa untuk melakukan program magang, baik ke Polda Kalsel maupun Diskominfo Kalsel.[rilis]
Lebih baru Lebih lama