PSU Pilkada Kalsel Selesai, Disiplin Prokes Aman dan Kondusif

PSU Pilkada Kalsel Selesai, Disiplin Prokes Aman dan Kondusif

PROSES pencoblosan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah selesai. Bahkan, hampir semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) hasilnya sudah bisa diketahui. 

Dilansir dari kompas.com, Kepala Kepolisian Resor Kota Banjarmasin Kombes Rachmat Hendrawan mengatakan, secara keseluruhan, PSU Pilkada Kalsel berlangsung aman dan kondusif. 

"Alhamdullilah, secara umum hingga siang hari ini pelaksanaan PSU berjalan aman dan lancar," ujar Rachmat Hendrawan dalam keterangan yang diterima, Kamis 9 Juni 2021.

Selain berlangsung aman dan kondusif, Rachmat juga mengapresiasi para masyarakat yang datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya. Secara umum, penerapan protokol kesehatan juga betul-betul di ikuti oleh para pemilih. 

Dikatakan Rachmat, pihaknya akan terus mengawal proses tahapan PSU dari TPS hingga proses akhir. Termasuk pergeseran kotak suara hingga ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Tadi para pemilih yang datang selalu mematuhi Protokol Kesehatan. Menggunakan air dan sabun yang di sediakan oleh KPPS. Kami akan mengawal pelaksanaan ini hingga selesai," jelasnya. 

Sebelumnya melalui Siaran Pers Humas Pemprov Kalsel, Pejabat (PJ) Gubernur Kalsel Safrizal bersama Forkopimda, Ketua KPU RI saat memantau kesiapan TPS - TPS di wilayah yang akan menggelar PSU Pilgub Kalsel, pada Selasa 8 Juni 2021, juga telah mengingatkan semua penyelenggara PSU untuk tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah Covid-19.

Pemantauan dilakukan bersama Ketua KPU RI Ilham Saputra, Perwakilan Bawaslu RI, Danrem Antasari Brigjen Firmansyah, Wakapolda Kalsel Brigjen M Agung Budiono, Sekda Prov Kalsel Roy Rizali Anwar, Ketua KPU Kalsel Sarmuji, Ketua Bawaslu Erna Kasypiah, Kepala Kesbangpol Kalsel Heriansyah.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah TPS 03 Antasan Bondan Kelurahan Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Pj Gubernur dan Ketua KPU RI menyempatkan dialog dan menanyakan kesiapan petugas KPPS.

Lokasi kedua yang dikunjungi adalah TPS 01 Desa Mataraman Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar. Rombongan Pj Gubernur dan KPU RI disambut Plt Camat Mataraman Agus Hidayat dan jajaran serta petugas KPPS setempat. Diketahui ada 357 DPT yang terdaftar memilih di TPS 001 Mataraman dan ada  4 yang meninggal.

Lokasi Ketiga yang dikunjungi adalah TPS 04 Desa Pualam Sari Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin. 

“Namun ada koreksi dari kami yaitu  masih kurang yaitu peringatan agar tak melepas masker di TPS dan protokol kesehatan,” katanya. 

Petugas TPS juga dinilai sudah memahami siapa yang berhak memilih. Secara umum keseluruhan TPS yang dipantau rombongan Pj Gubernur sudah tertata rapi dan memenuhi syarat dalam melaksanakan PSU. 

Pj Gubernur Safrizal ZA saat Rakor PSU bersama Forkopimda mengatakan pelaksanaan pemungutan suara ulang adalah ujian bagi demokrasi Kalsel.

“Suksesnya PSU mencerminkan kematangan Provinsi Kalsel dalam menyelenggarakan pesta demokrasi. Apalagi kita menjadi Provinsi terakhir di Indonesia yang melaksanakan PSU, mari kita bungkus dengan baik. Mari kita bersama-sama mengawasi, memantau dan memperhatikan proses PSU agar berjalan secara tertib, aman, lancar dan damai termasuk memastikan tahapan PSU aman dari penularan Covid-19 yang masih menyebar cukup tinggi di daerah kita,” ucapnya.[advertorial/araska]


Lebih baru Lebih lama