Pemprov Gelar Pemutakhiran TLHP dan APIP di Kotabaru

Pemprov Gelar Pemutakhiran TLHP dan APIP di Kotabaru

KOTABARU, MK - Dengan menerapkan protokol kesehatan, Pemutakhiran Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) bagi 13 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan digelar di Hotel Grand Surya, Kotabaru, Senin (28/6/2021).

Kegiatan ini menjadi agenda tahunan, sekaligus sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas dan sumber daya yang andal sehingga Kalsel dapat bersaing dengan Provinsi lainnya di Indonesia.

Hadir dalam kegiatan ini Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI, Dr Tumpak Haposan Simanjuntak, Kepala Bagian Analisa dan Evaluasi Hasil Pengawasan Inspektorat jenderal Kemendagri RI, Maharina Desimaria, dan Inspektur se-Kalsel.

Bupati Kotabaru, Sayed Jafar dalam acara tersebut menyampaikan, data dan informasi merupakan sumber daya yang sangat strategis, karena ini berkaitan erat dengan pengambilan keputusan dalam menetapkan arah kebijakan dan strategi pembangunan yang tepat.

"Dengan adanya kegiatan pemutakhiran data ini, dalam rangka koordinasi, komunikasi, evaluasi, dan implementasi masing masing daerah," ujar Sayed.

Kegiatan ini diharapkan menjadi momen untuk dapat memperbaiki dan menyempurnakan kinerja aparatur dan instansi pemerintah, membangun komitmen dalam pencegahan korupsi dan peningkatan pelayanan publik.

"Sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) kita harus memiliki kinerja yang lebih baik dalam memperbaiki sistem yang ada untuk meningkatkan sinergitas dengan pengawas eksternal, agar pengawasan dapat dikerjakan yang lebih baik lagi dalam rangka mendukung program nasional," jelasnya.

Sayed juga berharap dengan adanya acara ini dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab pimpinan unit kerja dan instansi objek pemeriksaan demi meningkatkan koordinasi dengan aparat pengawasan dan objek pemeriksaan. 

Pada kesempatan ini, Pj Gubernur Safrizal mengatakan, secara statistik daerah di Kalsel juga sudah mendapatkan WTP. Karenanya, kita harus bergerak bersama-sama demi memajukan dan meningkatkan keuangan daerah dan juga negara sebesar-besarnya agar bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Safrizal menambahkan, Kalsel bukan hanya berlomba mendapatkan WTP, akan tetapi bagaimana cara agar dapat meningkatkan keuangan daerah dan negara untuk kesejahteraan masyarakat.

"Mari kita bulatkan tekat bersama-sama menyelesaikan TLHP, sesuai dengan aturan kerja yang baik dan dapat mencerminkan suatu daerah yang lebih maju," pungkasnya.[zainuddin]



Lebih baru Lebih lama