Ivo Sugianto Puji Keindahan Destinasi Wisata Kalteng

PALANGKA RAYA, MK - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau TP-PKK Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Yulistra Ivo Sugianto Sabran sangat mendorong pengembangan destinasi wisata di Provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai itu.

"Kalteng banyak memiliki potensi destinasi wisata, diantaranya wisata alam, air dan destinasi wisata situs budaya serta destinasi lainnya," ungkapnya seusai mengunjungi obyek wisata Danum Bahandang di Kota Palangka Raya, Sabtu (5/6/2021) sore.

Wanita yang akrab disapa Ivo itu juga menyampaikan kekagumannya terhadap destinasi pariwisata di Kalteng, terutama wisata air hitam.

Kalteg memiliki keindahan alam yang luar biasa. Nampak terlihat sebagian besar sungai disini memiliki warna hitam, meski terlihat pekat, namun sama sekali tidak tercemar. Justru airnya masih sangat alami dan segar jika digunakan untuk mandi atau sekadar cuci kaki dan tangan.

Warna hitam pada sungai, urainya, bukan berasal dari pencemaran limbah apapun. Warna hitam pekat berasal dari kadar tannin yang cukup tinggi. 

"Tannin adalah semacam senyawa yang keluar dari tanah gambut. Material karbon yang telah berusia ribuan atau bahkan jutaan tahun keluar dan bercampur dengan air yang sangat segar," jelasnya.[kenedy]


loading...

Posting Komentar

0 Komentar