Ekowisata Goa Lowo Jadi Target Penanaman ITP Tarjun

Ekowisata Goa Lowo Jadi Target Penanaman ITP Tarjun

KOTABARU, MK – Hari Lingkungan Hidup Sedunia turut dimaknai PT Indocement tunggal prakarsa (ITP) Tbk Tarjun dengan penanaman ribuan pohon. Ini menjadi perhatian untuk menjaga keberlangsungan ekosistem hayati dan selalu lestari bagi kehidupan di masa mendatang, Senin (7/6/2021)

Berbagai kegiatan pun telah dilakukan meskipun di tengah masa pandemi Covid-19. Tentunya kegiatan ini tetap mengedepankan protokol kesehatan, seperti diatur pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Seperti di Desa Langadai, ITP juga menanam pohon, dan di area ekowisata Goa Lowo di Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir dengan jenis pohon yang ditanam adalah trambesi dan angsana.

Kepala Desa Tegalrejo, Syarifuddin mengatakan, dengan adanya kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh ITP ini pastinya akan membuat ekowisata terjaga untuk kelestariannya.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada ITP yang sudah peduli terhadap kawasan ekowisata Goa Lowo, dan itu sangat berguna bagi masyarakat dan lingkungan,” Ujarnya.

Sementara dari Pemerintah Kecamatan Kelumpang Hilir, Ahyar Maulana mengharapkan kegiatan semacam ini terus berlanjut sehingga kelestarian alam akan terus terjaga.

“Terima kasih kepada ITP yang sudah melakukan kegiatan penanaman pohon dalam memperingati hari Lingkungan Hidup tahun 2021 ini,” ucapnya.

Senada, perwakilan KPH Cantung, Dani Prasetyo mengaku sangat mengapresiasi penanaman yang terlaksana oleh ITP. Karena menurutnya, suatu ekosistem sangat bergantung pada lingkungannya, manusia tidak lepas dari ketergantungan kepada lingkungan karena tanaman yang dihasilkan sangat dibutuhkan utamanya untuk fungsi oksigen yang diperlukan manusia.

“Kami berharap selain menjaga lingkungan juga bermanfaat bagi masyarakat agar terus menjaga lingkungan tetap indah dan lestari,” harapnya.

Manajement ITP Tarjun, H Teguh Iman Basoeki menuturkan, penanaman pohon merupakan kegiatan tahun ke-8 di tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Indocement, sebagai tindak lanjut dari program penanaman di tahun-tahun sebelumnya.

“Selain menanam pastinya juga pemeliharaan dan pemantauan terhadap pohon yang ditanam menjadi perhatian sehingga nantinya bermanfaat bagi lingkungan,” katanya.

Dikatakannya lebih jauh, tujuannya untuk menjaga dan melestarikan ekosistem hayati yang hidup di lingkungan perusahaan. Selain itu, untuk memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat sekitar agar bisa berperan dan bersama-sama menjaga lingkungan hidup.

“Ini merupakan salah satu program yang terus menjadi agenda bagi PT ITP yang bukan saja melakukan kegiatan peduli lingkungan. Akan tetapi, intinya adalah untuk mengedukasi masyarakat sehingga keberlangsungan kehidupan lingkungan hidup dapat lestari,” tutupnya.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama