Belajar ke Kalsel, Legislator Kalteng Kunjungi Kotabaru

Belajar ke Kalsel, Legislator Kalteng Kunjungi Kotabaru

KOTABARU, MK - Studi banding dilakukan Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ke Kabupaten Kotabaru. Kedatangan mereka disambut langsung Sekda Kotabaru, H Said Akhmad beserta jajaran, Jumat (11/6/2021).

Kegiatan kunjungan kerja dipimpin Ketua Komisi III, Duel Rawing. Mereka melakukan studi banding untuk bidang pendidikan, kesehatan, hingga sektor pariwisata.

Menurut Duel Rawing, Kabupaten Kotabaru merupakan bagian dari Kalsel, di mana Provinsi ini lebih tua dari Provinsi Kalteng.

"Selain usia lebih tua, Provinsi Kalsel selangkah lebih maju dibanding Kalteng, terutama dalam penanganan pendidikan. Ini karena keterlibatan dunia usaha di bidang CSR," terang Duel Rawing.

Ia mengakui mengetahui banyak hal yang luar biasa, di mana komitmen kepala daerah untuk memajukan pendidikan dan kesehatan tinggi.

"Baik itu dari sisi anggaran maupun fasilitas yang disiapkan, terlebih lagi membuat salut yang mana menjadi kewenangan Provinsi. Sehingga kabupaten bisa masuk dalam berbagai hal, seperti tunjangan khusus SMA, SMK yang ada di Kabupaten Kotabaru," paparnya.

Sebenarnya belum banyak yang dilakukan oleh daerah lain termasuk Kalteng. Selain itu, komitmen kepala daerah Kabupaten Kotabaru mendorong CSR pihak ketiga. langkah ini benar-benar riil dan betul-betul masuk dalam dunia pendidikan dan lainnya, termasuk wisata.

"Ini sangat luar biasa, dunia pendidikan undang-undang mewajibkan 20 persen APBD maupun APBN yang masuk ke sektor di berbagai tempat berbeda. Kami pikir patut menjadi contoh bagi banyak orang dan daerah agar berkomitmen untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk menjadi kunci Pendidikan maupun Kesehatan," jelasnya.

Sekda Kotabaru, Said Akhmad mengucapkan terima kasih atas kunjungan anggota komisi III DPRD Provinsi Kalteng ke Kabupaten Kotabaru, di mana telah memberikan pujian kepada Pemkab Kotabaru tentang pengelolaan sektor kepariwisataan.

Said juga mengajak para legislator Bumi Tambun Bungai untuk melihat-lihat Ekowisata Hutan Meranti. Juga menikmati wisata taman Siring laut dan pantai Gedambaan Sarang Tiung.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama