25 Pasang Calon Pengantin di Kapuas Ikuti Bimbingan Perkawinan Pra Nikah

25 Pasang Calon Pengantin di Kapuas Ikuti Bimbingan Perkawinan Pra Nikah

KUALA KAPUAS, MK - Sebanyak 50 orang atau 25 pasangan calon pengantin (Catin)  mengikuti kegiatan bimbingan perkawinan pra nikah calon pengantin tahun 2021.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas melalui Seksi Bimas di Aula Kantor Kemenag Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas, Senin (28/6/2021).

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Plt Kepala Kemenag Kapuas, H Hamidhan yang sekaligus menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut.

"Terkait dengan pelaksanaan Bimbingan Perkawinan yang dilaksanakan Seksi Bimas Islam Kemenag Kapuas, saya menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kegiatan tersebut. Dan kita crossing mengejar target, kegiatan ini dilaksanakan 18 angkatan 4 angkatan pra nikah dan sisanya usia, artinya usia bagi mereka yang mau melaksanakan pernikahan dan kegiatan ini dilaksanakan karna kita kejar target," kata Hamidhan, di sela kegiatan.

Menurutnya, selama pandemi ini, tentunya juga harus tetap memperhatikan bagaimana penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya, sesuai Instruksi Menteri Agama RI Nomor 1 tahun 2021 terkait gerakan sosialisasi penerapan Prokes bagi seluruh ASN lingkup Kemenag.

"Dan harapan kita dengan kegiatan ini, keluarga yang dibentuk dan dibina berdasarkan Undang-Undang nomor 1 tahun 1974, di mana perkawinan itu adalah ikatan lahir batin antara seorang laki-laki dan perempuan yang membina rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa," tandasnya.

Tujuan pemerintah dalam hal ini Kemenag menyelenggarakan bimbingan pra nikah agar semua keluarga mampu mewujudkan keluarga yang samara, dan untuk mewujudkan keluarga yang samara, perlu adanya upaya kongkrit dari pemerintah dalam hal bimbingan perkawinan.

"Sudah barang tentu harapan kita nanti keluarga itu dibentuk menjadi keluarga yang harmonis atau keluarga yang sakinah. Bagaimana menciptakan keluarga yang saling kasih sayang lahir batin. Dan ini tentu menjadi keinginan setiap pasangan yang menikah," pungkasnya.[zulkifli]



Lebih baru Lebih lama