Tiga Orang Terkonfirmasi Varian Baru Covid-19 di Palangka Raya Sembuh

Tiga Orang Terkonfirmasi Varian Baru Covid-19 di Palangka Raya Sembuh

PALANGKA RAYA, MK - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) telah menyampaikan rilis terkait varian baru B.1.617 virus corona yang ditemukan telah menginfeksi pasien Covid-19. 

Virus baru tersebut ditemukan pada tiga pasien yang dirawat di RSUD Kota Palangka Raya.

Menanggapi itu, Humas RSUD Kota Palangka Raya, Hendra membenarkan tiga orang pasien Covid-19 itu sempat dirawat di RSUD Kota Palangka Raya. 

Akan tetapi, ketiganya dinyatakan sembuh, pasalnya mereka hanya mengalami gejala ringan.

"Sudah sembuh semua, karena hanya gejala ringan saja," ungkap Hendra, Senin (10/5/2021).

Dijelaskannya, sebenarnya semua tipe virus Covid-19 ini sama saja bahayanya, hanya saja bila merujuk pada kasus di India sedang jadi perhatian yang kebetulan dominan varian B.1.617.1 dan B.1.617.2.

"Perbedaannya di penularannya saja, varian ini lebih mudah menular. Sehingga kita harus makin ketat dengan prokes untuk mencegah penularan virus ini," jelasnya.

Diuraikannya lebih jauh, untuk mengetahui apakah hasil pasien tersebut dinyatakan terjangkit varian baru atau tidak adalah merupakan kewenangan pusat, karena tingkat pusat yang melakukan penelitiannya.

Jadi, tambahnya, rilis sebenarnya dari pusat, pihaknya hanya mengirimkan contoh sampel secara rutin dengan tujuan mengetahui sebaran varian virus yang sedang mewabah di tiap Provinsi.

"Untuk penanganan varian baru B.1.617 dengan virus Covid-19 secara umum sebenarnya sama saja, bahkan gejalapun sama, akan tetapi jika gejalanya berat tentu ada perbedaan penanganannya," tukasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama