Stok Vaksin Terbatas, Vaksinasi Covid-19 di Kapuas Difokuskan untuk Lansia dan Guru

Stok Vaksin Terbatas, Vaksinasi Covid-19 di Kapuas Difokuskan untuk Lansia dan Guru

KUALA KAPUAS, MK - Ketersediaan Vaksin Covid-19 di Kabupaten Kapuas, Kalteng saat ini jumlahnya masih  terbatas dan bergantung pengiriman dari pusat.

Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, Apendi, Senin (3/5/2021) menyampaikan, vaksinasi tahap kedua di Kapuas untuk saat ini, akan diprioritaskan terlebih dahulu bagi warga lanjut usia (lansia) dan guru atau tenaga pendidik.

"Vaksin kita yang dikirim dari pusat terbatas dan sangat terbatas. Sehingga prioritas adalah untuk lansia 
dan tenaga pendidik," kata Apendi.

Lansia dinilai memiliki risiko besar bila terpapar Covid-19. Selain itu akan dilakukan vaksinasi bagi guru. Hal itu dilakukan untuk mencapai target pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka yang rencananya akan dilaksanakan pada Juli 2021 mendatang.

"Karna bulan Juli diperkirakan belajar tatap muka.Jadi tenaga pengajar itu yang wajib untuk divaksin," imbuhnya.

Lanjut dia, untuk porsinya adalah 60 persen vaksin untuk lansia dan 40 persen vaksin untuk tenaga pendidik mulai jenjang PAUD, SD, SLTP dan SLTA sederajat.

Mengingat vaksinasi saat ini masih belum menyeluruh, dan pandemi masih belum berakhir, pihak Dinkes Kapuas menandaskan agar protokol kesehatan  agar lebih ketat dilakukan, khususnya agar tidak kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan. [zulkifli]


Lebih baru Lebih lama