Membangkitkan Tradisi Ba'arian Mangatam di Pasar Budaya Racah Mapulang Desa Balida

Membangkitkan Tradisi Ba'arian Mangatam di Pasar Budaya Racah Mapulang Desa Balida

PARINGIN, MK - Membangkitkan tradisi banjar saat musim panen tiba di wisata Pasar Budaya Racah Mapulang Desa Balida Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan dengan menggelar ba'arian mangatam, Kamis (27/5/2021).

Teradisi ba'arian mangatam merupakan budaya khas Banjar yang kini kian mulai ditinggalkan. Ba'arian Mangatam diartikan sebuah teradisi mengerjakan ladang yang dilakukan secara bersama-sama pada musim panen padi tiba. Biasanya mereka saling bantu membantu dari satu ladang keladang satunya secara bergantian.

Kepala Desa Balida, Sahridin menyampaikan, pihaknya mencoba membangkitkan teradisi budaya ba'arian mangatam di Wisata Pasar Budaya Racah Mapulang Desa Balida.

"Hari ini kita mengadakan, teradisi budaya ba'arian mangatam yang di ikuti sebanyak 48 petani dalam suatu ladang yang berada di wisata Pasar Budaya Racah Mapulang," sebutnya.

Selain itu, membangkitkan teradisi budaya  lokal di masyarakat untuk saling membantu satu sama lain dalam memanen padi dalam suatu lahan.

Ba'arian mangatam juga menyimpan nilai-nilai lokal yakin perekat masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut menyimpan kehidupan yang saling menjaga kekompakan, kedisiplinan, kerja keras, saling peduli satu dengan lainnya.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama