Kabut, KMP JM II Tabrak Batu hingga Kebocoran di Tengah Laut

Kabut, KMP JM II Tabrak Batu hingga Kebocoran di Tengah Laut

KOTABARU, MK - KMP Jembatan Musi (JM) II kapal feri penyeberangan Pelabuhan Batulicin - Tanjung Serdang Kotabaru dari PT ASDP menabrak batu, hingga mengalami kebocoran di tengah laut.

Kapolres Kotabaru, AKBP Andi Adnan Syafruddin melalui Kapolsek Pulau Laut Tengah Iptu Sahropi mengatakan, insiden tenggelamnya KMP JM II dari pelabuhan Batulicin, Tanah Bumbu-Tanjung Serdang terjadi pada Kamis 6 Mei 2021 sekira pukul 11.00 Wita.

"Insiden tersebut disebabkan akibat cuaca hujan, angin kencang, kabut tebal, dan arus deras sehingga mengakibatkan KMP JM II terbawa melewati daerah karang dan tersangkut, mengakibatkan kebocoran pada feri KMP ini tenggelam," ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, KMP tersebut membawa muatan mobil R6 sebanyak 4 unit, R4 ada 2 unit, dan untuk R2 sebanyak 8 unit, kemudian untuk penumpang sebanyak 23 orang.

"Kemudian untuk evakuasi penumpang dilakukan sekitar jam 15.00 Wita dengan cara menggunakan 1 unit speedboat milik Patroli KPLP Tanah Bumbu, dan sedangkan untuk seluruh Ranmor masih berada di dalam KMP JM II tersebut sampai saat ini," ucapnya.

Lebih jauh dijelaskan, ABK KMP JM tersebut telah meninggalkan kapal menuju Kabupaten Tanah Bumbu Jumat 7 Mei 2021 sekitar jam 20.00 Wita dengan menggunakan kelotok atau perahu kecil milik nelayan.

"Tenggelamnya kapal KMP ini dikarenakan kemiringan KMP mencapai sekitar 7 derajat, rencana penarikan KMP akan dilakukan pada hari Senin 10 Mei 2021 sambil menunggu air pasang," tutupnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama