Optimalkan Pelestarian Situs Budaya

Optimalkan Pelestarian Situs Budaya

PALANGKA RAYA, MK - Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya dengan berbagai macam upaya yang digaungkan untuk memaksimalkan potensi pariwisata di Kota tersebut.

Itu dilakukan tidak hanya berdampak pada pariwisata itu sendiri, namun akan berdampak bagi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. 

Berbagai dorongan pun terus disuarakan, salah satunya dari pihak DPRD setempat agar Pemkot melalui dinas terkaitnya dapat meningkatkan kualitas sektor pariwisata pada situs budaya.

"Salah satunya mengoptimalkan pelestarian situs budaya yang notabene merupakan aset yang harus dipertahankan, baik dari kondisi dan fungsinya dalam pariwisata," ungkap anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Widodo, Rabu (28/4/2021).

Legislator PDI Perjuangan itu menilai, simbol-simbol kebudaayaan yang menjadi keistimewaan suku Dayak sangatlah penting untuk terus dilestarikan.

Selain itu, melalui peran generasi muda juga bisa untuk diajak lebih mengenal kekayaan yang dimiliki melalui pengenalan akan situs-situs budaya itu sendiri.

"Hal-hal mendasar seperti ini seharusnya bisa menjadi prioritas pemerintah, dimana para generasi muda perlu merawat dan melestarikan situs budaya agar tidak rusak," imbuhnya.

Ditambahkannya, pengenalan akan budaya juga merupakan hal penting pada era globalisasi seperti sekarang ini. Karenaya, peran pemerintah sangatlah diperlukan untuk lebih memperkenalkan situs kebudayaan kepada generasi-generaai milenial. 

"Terkait ini tentu kita harapkan semua pihak,  terutama generasi muda untuk lebih mengenal dan menghayati akan nilai-nilai budayanya sendiri sebagaimana jati diri sebagai putra-putri Bumi Tambun Bungai," pungkasnya.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama