Maknai Hari Kartini, Nova Ajak Kaum Perempuan Kembangkan Potensi Diri

Maknai Hari Kartini, Nova Ajak Kaum Perempuan Kembangkan Potensi Diri

PULANG PISAU, MK - Tepat tanggal 21 April 2021 ini, peringatan Hari Kartini kembali diperingati. 

Di momentum hari besar itu, tentunya menjadi simbol kebangkitan bagi kaum perempuan di Nusantara.

Memaknai momentum tersebut, menurut Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulang Pisau, Nova Silvia Baboe peringatan Hari Kartini ini, harus dijadikan simbol kebangkitan bagi kaum perempuan untuk berbuat positif.

"Dan kaum perempuan harus memiliki kekuatan dan kemampuan sebagai pewaris semangat perjuangan Kartini," ucapnya, Senin (19/4/2021).

Dikatakan Nova sapaan akrab srikandi DPRD Pulang Pisau itu, peringatan Hari Kartini yang telah dipelopori Raden Ajeng (RA) Kartini, mengajak kepada kaum perempuan untuk mengembangkan potensi diri untuk bangkit bersama mendukung pembangunan di daerahnya masing-masing.

"Jadi, makna Hari Kartini ini bukan hanya diperingati secara seremoni saja oleh kaum perempuan. Tapi terus maju berperan untuk daerah tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan.

Lebih lanjut, kata Nova, wanita harus mampu  meningkatkan kemampuan dengan menambah pengetahuan, wawasan, dan ketrampilan dalam meningkatkan partisipasi dan kepedulian terlebih pada masa Pandemi Covid-19.

"Diera Pandemi Covid-19 seperti saat ini wanita harus mampu menangkap berbagai peluang, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik kedepannya," pesannya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga menambahkan, di zaman milenial seperti sekarang ini kaum perempuan juga harus mampu menjadi inspirasi, berprestasi, serta menginspirasi kalangan milenial.

Sebab, tururnya, perempuan zaman sekarang harus berjuang, bukan hanya membawa harkat martabat setara lelaki, tetapi juga berjuang untuk bangsa dan negara melalui berbagai cara, seperti akademisi, politisi, atau pengusaha.

"Pada dasarnya perempuan mampu menginspirasi masyarakat berbagai golongan, agar lebih baik dan maju dalam segi perekonomian," pungkasnya.[manan]
Lebih baru Lebih lama