Masih Pandemi, US bagi Siswa Kelas XII TP. 2020/2021 Digelar

Masih Pandemi, US bagi Siswa Kelas XII TP. 2020/2021 Digelar

BANJARBARU, MK - Akhir Tahun Pelajaran (TP) 2020/2021 segera berakhir. Ujian Sekolah pun bakal dilakukan, meski kini masih berada di masa pandemi Covid-19. Pun demikian dengan Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Banjarbaru.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK-PP Negeri Banjarbaru, Airin Nurmarita menjelaskan, meski dalam kondisi pandemi Covid-19, Ujian Sekolah tetap dilaksanakan secara daring atau online untuk siswa kelas XII.

Ujian Sekolah (US) via daring bagi siswa kelas XII TP. 2020/2021 SMK-PP Negeri Banjarbaru merupakan salah satu penilaian bagi siswa untuk dapat lulus dari sekolah. 

Lebih lanjut Airin memaparkan, Ujian Sekolah ini bertujuan mengevaluasi dan mengukur sejauh mana proses pembelajaran yang telah dilaksanakan sesuai target yang diinginkan.

"Yaitu siswa menguasai ilmu pengetahuan yg telah diberikan dan US ini juga menjadi bahan evaluasi guru dan sekolah sejauhmana materi yang diberikan dapat dipahami dan diterima oleh siswa sebagai peserta didik," paparnya.

Lebih dari itu, lanjutnya, sekolah juga berharap bahwa siswa terus mengembangkan ilmu dan pengetahuannya menjawab tantangan zaman yang terus berkembang dengan tidak meninggalkan akhlak, perilaku dan sikap yang menjadi karakter bangsa yang berbudi.

Untuk kali ini, Ujian Sekolah diikuti oleh 112 siswa yang terdiri dari 3 Kompetensi Keahlian yang ada di SMK-PP Negeri Banjarbaru, di antaranya 53 siswa Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP), 40 siswa Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH), dan 19 siswa Agribisnis Pengolahan Hasil (TPHP).

Dijelaskan oleh panitia Ujian Sekolah SMK-PP Negeri Banjarbaru, M Ali Usman, Ujian Sekolah TP. 2020/2021 mengujikan 23 mata pelajaran yang dilaksanakan selama 7 hari, dimulai Senin, 15 Maret hingga Selasa, 23 Maret 2021.

Pada pelaksanaannya ujian ini menggunakan google form, di mana guru Mapel bertugas menjadi Pengawas yang membagikan link soal, link daftar hadir dan mengisi link Berita Acara Ujian yang sudah disediakan panitia. Pengumpulan dan pemeriksaan hasil ujian langsung dihandel oleh guru Mapel yang bersangkutan.

Setelah US selesai, siswa kelas XII ini akan bersiap untuk mendapatkan pembekalan dan pelaksanaan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) dan setelah selesai akan dilanjutkan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK).

Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pertanian adalah sektor yang sangat penting, terutama dalam menopang kemajuan ekonomi nasional dan menanamkan nilai perjuangan membangun pertanian maju, mandiri dan modern.

Ditambahkan Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi, untuk menjadi negara maju, hal utama yang perlu digenjot adalah SDM-nya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemantapan pendidikan vokasi pertanian, mencetak lulusan yang berkualitas baik sebagai job seeker, job creator maupun pengusaha pertanian milenial.[advertorial/wd]

Penulis : Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru

Lebih baru Lebih lama